Mahasiswa UM Metro Kembangkan Banjarrejo Sebagai Desa Olahraga Berstandar Sport Development Index

Mahasiswa UM Metro Kembangkan Banjarrejo Sebagai Desa Olahraga Berstandar Sport Development Index

Foto: Mahasiswa UM Metro Kembangkan Banjarrejo Sebagai Desa Olahraga Berstandar Sport Development Index -(Fenny)-

RADARMETRO  – Program penguatan kapasitas organisasi mengambil langkah inovatif melalui sosialisasi Program Desa Banjarrejo sebagai Desa Olahraga berstandar Sport Development Index (SDI).

PPK ORMAWA ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian RI yang bertujuan untuk penguatan kapasitas ORMAWA melalui serangkaian proses pembinaan ormawa yang diimplementasikan dalam progam pengabdian dan pemberdayaan masyarakat serta pengembangan Desa olahraga karang taruna dan masyarakat Desa Banjar Rejo. 

Dalam upaya mencapai tujuan tersebut, Tim PPK ORMAWA IMAFIS bekerja sama dengan Kepala Desa, Aparatur Desa serta Para Pemuda Desa Banjar Rejo.

Hal ini bertujuan untuk memenuhi kriteria Sport Development Index (SDI).

Sport Development Index (SDI) merupakan pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga (Sport Development Index/SDI) yang dikeluarkan oleh KEMENPORA untuk memperoleh data dan informasi tentang kontribusi olahraga bagi pembangunan (KEMENPORA.go.id, 2022).

Nada hanifah selaku ketua Tim PPK ORMAWA IMAFIS menyampaikan bahwa dengan adanya potensi sumber daya manusia (SDM) dan ruang terbuka yang dimiliki Desa Banjar Rejo dapat menjadikan Banjar Rejo sebagai desa olahraga yang memiliki standar SDI di kabupaten Lampung Timur

Desa olahraga yang terbentuk bertujuan untuk mewujudkan kelembagaan olahraga yang memiliki kepengurusan dan rencana kerja terukur dan terstruktur untuk mengembangkan kegiatan olahraga prestasi, meningkatkan kualitas fasilitas yang ada di Desa Banjar Rejo.

Kegiatan ini akan membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta menjaga Kesehatan masyarakat Desa Bajar Rejo yang lebih baik. 

BACA JUGA:UM Metro dan Pemerintah Kota Metro Sinergi Wujudkan Metro GEMERLANG

Kegiatan utama yang dilaksanakan dalam program pembinaan desa olahraga ini, yaitu sinkronisasi program komunitas olahraga dengan program desa di bidang olahraga,

Membentuk Lembaga Desa yang bergerak khusus dalam kegiatan olahraga, menyusunan program pengembangan dan pelatihan bidang olahraga yang mengacu pada Sport Development Index dan Menggelar kompetisi olahraga secara berkala.

Peningkatan kualitas fasilitas dibidang olahraga terutama olahraga bola voli dan sepak bola.

Cabang olahraga bola voli dan sepak bola yang menjadi olahraga unggulan desa dilakukan optimalisasi baik dari segi manajemen pelatihan dan program maupun peningkatan kualitas sarana olahraga seperti lapangan yang layak dan menggunakan aturan atau ketetapan olahraga yang berlaku,

Menjalin kerjasama dengan SMA Negeri Olahraga Lampung, menyelenggarakan kompetisi olahraga unggulan di Desa Banjarejo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: