Beri Pelatihan E-Commerce, Dosen Pendidikan Ekonomi UM Metro Tekankan UMKM Harus Menyesuaikan Zaman

Beri Pelatihan E-Commerce, Dosen Pendidikan Ekonomi UM Metro Tekankan UMKM Harus Menyesuaikan Zaman

Foto: Beri Pelatihan E-Commerce, Dosen Pendidikan Ekonomi UM Metro Tekankan UMKM Harus Menyesuaikan Zaman-(Fenny)-

RADARMETRO- Dosen sekaligus Kaprodi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro Bapak Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. menjadi pemateri dalam rangkaian kegiatan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) Kemdikbud-Ristek tim Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMMAT) FKIP UM Metro.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023 bertempat di Aula Kantor Desa Sidodadi Pekalongan Kabupaten Lampung Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desan Sidodadi, Kepala dusun, kelompok tani, kelompok tani milenial dan ibu-ibu KWT. 

Dalam penyampaian materi Bapak Fajri Arif Wibawa, S.Pd., M.Pd. menyampaikan, "Disadari atau tidak, kemunculan e-commerce ini memberi angin segar bagi setiap orang baik mereka yang menjadi konsumen atau pembeli tetapi juga bagi mereka yang menjadi produsen dan pebisnis.

Bagaimana tidak? Aktivitas jual beli yang dahulu hanya bisa dilakukan secara tatap muka di suatu tempat, sekarang dapat dengan praktis dan mudah dilakukan secara online tanpa batasan tempat dan waktu serta dapat dilakukan dimana saja."

Electronic Commerce atau e-commerce atau artinya Perdagangan elektronik adalah segala kegiatan jual beli atau transaksi yang dilakukan menggunakan sarana media elektronik (internet).

Meski telepon dan televisi termasuk sebagai sarana elektronik, e-commerce kini lebih merujuk ke teknologi digital atau internet, ucap Bapak Fajri. 

BACA JUGA:Mahasiswa UM Metro Kembangkan Banjarrejo Sebagai Desa Olahraga Berstandar Sport Development Index

Bapak Fajri juga menyampaikan Kelebihan E-Commerce: 1) Menyediakan harga kompetitif, 2) Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah, 3) Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas, 4)

Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon, 5) Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian, 6) Mempermudah kegiatan perdagangan.

Bapak Fajri juga membagikan tips berjualan di e-commerce yaitu 1). Pasang Harga yang Kompetitif, Saat mencari sebuah produk di ecommerce, jika Anda memosisikan diri sebagai pembeli, tentunya Anda akan mencari toko yang menjual produk yang Anda cari tersebut dengan harga yang murah tapi dengan kualitas terbaik, 2). Informasi Produk yang Akurat

Saat menggunggah setiap produk yang ingin Anda jual di ecommerce, pastikan sudah mengisi seluruh informasi produk dengan lengkap dan akurat.

Jangan lupa, gunakan pula foto produk yang jelas dengan berbagai sudut pengambilan detail dari produk tersebut. 3). Daftar Gratis Ongkir

Bisa mendapatkan gratis ongkir ketika berbelanja merupakan salah satu hal yang paling disukai banyak pembeli di Shopee saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: