Demonstrasi Mahasiswa Soroti Alih Fungsi IAIN Metro jadi UIN

Demonstrasi Mahasiswa Soroti Alih Fungsi IAIN Metro jadi UIN

Foto: Terlihat massa demonstrasi yang mengatasnamakan diri mereka dari Persatuan Mahasiswa Demokratik (PMD) IAIN Metro.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan diri mereka sebagai organisasi Persatuan mahasiswa Demokratik (PMD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro menggelar aksi demonstrasi, Selasa (15/8/2023). 

Berdasarkan pantauan radarmetro.disway.id, puluhan massa demontrasi terlihat memasuki kampus IAIN Metro sekira pukul 09.30 WIB dengan mengenakan almamater warna biru dan juga berbekal sebuah mobil komando serta berbagai perlengkapan demonstrasi lainnya.

Dari atas mobil komando, orator mahasiswa terus menyuarakan tuntutan-tuntutan mereka dengan harapan didengar langsung oleh Rektor IAIN Metro Siti Nurjanah.

Mereka menuntut sejumlah kebijakan rektor yang dirasa tidak pro-mahasiswa seiring wacana alih fungsi status IAIN Menjadi UIN. Baik itu kebijakan dari bidang akademik, kemahasiswaan, hingga keuangan.

Koordinator lapangan Nur Kholis dalam orasinya menyebut alih fungsi status IAIN menjadi UIN tidak relevan dengan fasilitas yang dirasakan mahasiswa masih minim.

"Baru 7 tahun beralih status dari STAIN menjadi IAIN, hari ini wacana mau menjadi UIN, fasilitas masih kurang," ujarnya.

Para demonstran menuntut pimpinan IAIN Metro mengevaluasi kebijakan tentang kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) dan penyediaan sarana prasarana bagi mahasiswa.


Foto 2: Rektor IAIN Metro Siti Nurjanah saat menemui para demonstran.-(MH Naim)-

BACA JUGA:Pukul Cetik, Nanang Ermanto Buka Perlombaan Perayaan HUT ke-78 RI

"Kami mahasiswa yang peduli dengan permasalahan kampus, kami peduli dengan permasalahan mahasiswa lain, sudah sepatutnya juga pimpinan peduli dengan mahasiswa sebelum jadi UIN," ungkapnya.

Setelah sejam massa menyuarakan aspirasinya, Rekor IAIN Metro Siti Nurjanah akhirnya turun menemui para demonstran bersama jajarannya.

Dalam kesempatan itu Nurjanah menjawab tiga tuntutan para demonstran di antaranya, terkait alih status IAIN Metro menjadi UIN, kemudian tentang kenaikan UKT, dan masalah sarana prasarana.

Nurjanah tidak mempermasalahkan demonstrasi oleh mahasiswa. Ia menganggap hal itu sebuah kewajaran dan menunjukkan sebuah sinergi antara pimpinan dan mahasiswa.

"Yang pasti semua ingin membawa IAIN Metro ini maju, oleh sebab itu saya bersama pimpinan mengucapkan terimakasih atas kepedulian saudara-saudara, ini menjadi menjadi semangat bagi kami untuk terus berbenah," ujarnya di depan para demonstran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: