Anggarkan Dana Rp 10 Triliun, Patung Soekarno Setinggi 100 Meter Akan Dibangun Tahun Depan

Anggarkan Dana Rp 10 Triliun, Patung Soekarno Setinggi 100 Meter Akan Dibangun Tahun Depan

FOTO: Patung Soekarno setinggi 100 meter akan dibangun di Kabupaten Bandung Barat dengan anggaran dana Rp 10 T-(Istimewa)-

RADARMETRO - Rencana pembangunan patung raksasa presiden pertama Republik Indonesia yakni Soekarno akan dimulai tahun depan.

Rencananya patung setinggi 100 meter itu akan dibangun di kawasan perkebunan Walini yang juga merupakan lokasi proyek pembangunan Kota Mandiri Walini Raya dengan luas lahan 1.270 Hektare di Kabupaten Bandung Barat.

Dikabarkan dana yang dianggarkan untuk pembangunan patung tersebut mencapai Rp 10 Triliun dan pengerjaannya akan dilakukan oleh konsorsium Ciputra bersama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII dan juga seniman I Nyoman Nuarta.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) KBB, Maman Sulaeman, mengatakan saat ini progres pembangunan Patung Soekarno telah masuk tahap perizinan untuk mengecek proses kontur dan kelayakan lahan.

"Untuk kajian-kajian dengan LIPI ITB sudah finalisasi, kemarin itu dimulai analisis dampak lingkungan (amdal) dan sekarang sedang proses perizinan, kalau Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) sudah keluar,” ujar Maman seperti dilansir Kompas, Selasa (15/8/2023).

BACA JUGA:Kenaikan Gaji PNS Berpeluang Diumumkan Jokowi Hari Ini

"Pembangunan akan dimulai tahun depan setelah proses perizinan selesai," imbuhnya.

Rencana pembangunan patung Soekarno itu memang sempat menuai polemik di masyarakat, ada yang mendukung dan banyak pula yang menilai hal tersebut hanya menghabiskan anggaran.

Sejumlah kritik dari masyarakat yang menganggap lebih baik dana pembangunan patung tersebut dianggarkan untuk kepentingan strategis lainnya.

Salah satu yang vokal mengkirtik rencana tersebut adalah mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu.

Dalam unggahan di akun Twitternya, Said Didu mempertanyakan nilai proyek pembangunan patung Soekarno yang dinilai sangat fantastis dan hanya menghamburkan uang rakyat "Buat Patung Rp 10 Triliun?" tulisnya.

Sementara itu menurut Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, mengatakan dana Rp 10 triliun itu bukan hanya untuk membangun patung saja, selain patung Soekarno nantinya dikawasan tersebut tak hanya akan dibangun perumahan, perkantoran, pusat bisnis yang saling terintegrasi.

"Sebenarnya 10 triliun itu bukan hanya pembuatan patung Soekarno ya, tapi satu kawasan yang mungkin kalau diakumulasikan dengan pembangunan yang lain bisa lebih.

Mungkin bisa Rp 20 triliun karena luasan yang nanti dibangun itu hampir kayak Kota Baru Parahyangan, 1.270 hektare," kata Hengky di Lembang, Selasa (15/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: