Peserta IKM Sebut SMA Yos Sudarso Sebagai Sekolah Nomor 1 di Kota Metro

Peserta IKM Sebut SMA Yos Sudarso Sebagai Sekolah Nomor 1 di Kota Metro

Foto: Sekolah Menengah Atas (SMA) Yos Sudarso Metro beralamatkan di Jalan Koi Yosodadi, Metro Timur.-(MH Naim)-

Di sisi lain, ketua penyelenggara Ali Kurniawan menerangkan seluruh rangkaian agenda Penguatan IKM Guru SMA Kota Metro Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berlangsung di SMA Yos Sudarso berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti. 

Ia memastikan peserta sebanyak 175 guru dari 21 SMA di Kota Metro mengikuti seluruh agenda yang dimulai pada 15 Agustus dan berakhir pada 16 Agustus.

"Dengan melihat peserta yang banyak bertanya bertanya, mengamati, merefleksikan, dan banyak berpendapat, berarti ini merupakan langkah positif bahwa peserta IKM hari ini itu benar-benar serius mengambil materi yang ada di pelatihan ini termasuk praktek baik di SMA Yos Sudarso ini," ujarnya

"Terbukti hari ini peserta tetap enggak ada perubahan," imbuhnya.

Ali turut menerangkan hari kedua penguatan IKM dimulai sejak pagi, diawali dengan seminar psikologi yang disampaikan oleh pakar psikolog dari Jakarta yakni, Irma Gustiana Andriani.

"Sesuai jadwal bahwa hari pertama kemarin fokus ke perubahan mindset, hari kedua kita fokus yang pertama ke psikolog anak. Jadi bagaimana seorang guru bener-bener paham dengan psikologis siswa didiknya," bebernya.

Kemudian sesi selanjutnya, kata Ali, para peserta diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung sarana prasarana penunjang pembelajaran hingga proses belajar mengajar di SMA Yos Sudarso Metro.

"Di hari yang kedua selepas duhur ini semua peserta melihat aksi nyata praktek baik yang dilaksanakan guru-guru yang ada di SMA Yos saat dia mengajar di kelas-kelas," lanjutnya.

Selain mengunjungi pembelajaran di kelas, para peserta workshop juga diarahkan untuk mengamati kegiatan di Laboratorium SMA Yos Sudarso Metro. Mulai dari Laboratorium Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa, hingga Laboratorium Komputer.

Dalam kesempatan itu, Ali turut mengungkapkan terimakasih atas ketersediaan SMA Yos Sudarso dalam menyukseskan agenda yang diinisiasi oleh forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Metro.


Foto 3: Terlihat peserta IKM saat mendapatkan arahan metode pembelajaran di SMA Yos Sudarso Metro.-(MH Naim)-

Ia juga menuturkan SMA Yos Sudarso Metro tergolong sebagai sekolah maju dengan fasilitas lengkap serta ruangan belajar sangat mendukung ditunjang dengan fasilitas memadai.

"Berarti ini SMA Yos sudah cukup maju lah untuk ukuran kita, bahkan nanti di sekolah kita masing-masing akan berupaya untuk menyesuaikan dan menerapkan baik dari segi sarana prasarana maupun pola pengajaran dari guru-gurunya," tandasnya. 

Disebut sebagai sekolah nomer satu di Kota Metro, Kepala SMA Yos Sudarso Metro Albertus Joni SCJ turut angkat bicara. Ia menganggap pandangan itu berlebihan. 

"Sebenarnya itu berlebihan ya, tapi jikalau menurut mereka seperti itu ya sah-sah saja, selama ini kami memang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran untuk anak-anak kami," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: