Waspadai El Nino! Ini Beberapa Wilayah di Tanggamus yang Rawan Kekeringan Ekstrem

Waspadai El Nino! Ini Beberapa Wilayah di Tanggamus yang Rawan Kekeringan Ekstrem

MITIGASI DAMPAK EL NINO: Kepala Dinas KPTPH Kabupaten Tanggamus, Catur Agus Dewanto telah menyiapkan strategi khusus untuk mengatasi fenomena El Nino ekstrem di wilayah Tanggamus.-(Albertus Yogi)-

Catur menambahkan, jika kondisi semakin kering, dampak lanjutannya adalah lahan dan hutan menjadi mudah terbakar.

Selain itu dampak yang diberikan itu kepada para petani karena air semakin kurang, sehingga sektor pertanian akan terganggu. 

Untuk diketahui, “Meskipun pertanian negara kita saat ini tidak terdampak signifikan karena El Nino ini, tapi kita jangan terlalu percaya diri," tegas Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat memimpin Rakor Antisipasi Dampak El Nino di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 

Secara khusus menurut Mentan, Presiden RI Joko Widodo telah memerintahkan untuk mencari provinsi-provinsi andalan penopang ketahanan pangan nasional. Termasuk Provinsi Kalimantan Selatan ini, yang masuk enam provinsi. 

Karena itu, Mentan meminta semua stakeholder di Provinsi Kalimantan Selatan serta seluruh provinsi di Indonesia untuk bersama memberi perhatian dan turun tangan, atas masalah fenomena cuaca yang bisa menyebabkan kekeringan di lahan pertanian tersebut. 

Syahrul Yasin Limpo merasa sangat gembira dengan respons pemerintah provinsi juga kabupaten/kota beserta stakeholder lainnya, seperti TNI, Polri, Kejaksaan, yang menyambut dengan baik rapat koordinasi ini. Bahkan menyatukan komitmen turun tangan mengatasi kondisi saat ini.

 BACA JUGA:Hayo Siapa yang Masih Salah Baca QRIS

Sejumlah upaya untuk mengantisipasi dampak El Nino ini, kata Mentan, yakni percepatan masa tanam, menggunakan varietas yang tahan panas, intervensi mekanisasi terhadap daerah yang membutuhkan, dan pengendalian hulu ke hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: