Waspada Dampak El Nino di Metro, DKP3 Gandeng OPD Jaga Produksi Pertanian

Waspada Dampak El Nino di Metro, DKP3 Gandeng OPD Jaga Produksi Pertanian

Foto : Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno dikonfirmasi awak media, Jumat (18/8/2023).-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Dampak fenomena El Nino tampaknya mulai dirasakan bagi sebagian besar petani di Kota Metro. Karenanya untuk menjaga produksi pertanian di kota setempat, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) akan berkerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Kepala DKP3 Kota Metro Heri Wiratno mengatakan, beberapa upaya telah dilakukan dalam mengantisipasi dampak fenomena El Nino tersebut. Salah satunya bekerjasama dengan OPD untuk menjaga produksi pertanian di kota setempat. 

"Jadi sejak 1 Agustus kemarin bersama OPD kami berkomitmen untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan di Kota Metro. Karenanya ada beberapa langkah yang akan kita lakukan kedepan," terangnya, Jumat (18/8/2023). 

Ia menjelaskan, beberapa upaya menjaga stabilitas ketahanan pangan dilakukan dengan mengupayakan Musim Tanam (MT) II bisa sampai panen.

Karenanya pihaknya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) akan berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknik (UPT) Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) Wilayah II. 

"Jadi nanti Dinas PUTR akan berkoordinasi dengan UPT BPSDA Wilayah II. Ini untuk menjaga agar air terdistribusi dengan lancar di lahan persawahan Metro," jelasnya. 

BACA JUGA:Bersiap Hadapi Dampak El Nino, Segini Cadangan Beras Tanggamus

Selanjutnya, DPUTR juga akan  memastikan saluran air yang ada harus bisa dilewati dengan baik dan lancar. Utamanya dengan memaksimalkan  kegiatan pemeliharaan saluran air. 

Tak hanya itu, lanjutnya, beberapa OPD juga akan dilibatkan untuk menjaga stabilisasi harga bahan pokok, termasuk distribusi bahan pokok

"Stabilisasi harga bahan pokok dan distribusi akan dilakukan oleh Dinas Perdagangan dan Bagian Perekonomian," ungkapnya. 

Ia menambahkan, monitoring stok bahan pokok di tingkat distributor juga akan dilakukan secara rutin. Ini untuk memastikan stok bahan pokok cukup. 

"Langkah lain juga akan dilakukan dengan menyinkronkan program yang ada di OPD dengan Bappeda. Kemudian melakukan optimalisasi untuk memaksimalkan dana hibah utamanya bantuan sumur bor dapat segera direalisasikan. Sehingga kebutuhan air pada tanaman pertanian dapat terpenuhi," bebernya. 

Heri mengakui bahwa dalam upaya mengantisipasi dampak El Nino tersebut memang dibutuhkan kerjasama semua pihak dan OPD. Utamanya agar stabilitas ketahanan pangan tetap terjaga. 

BACA JUGA:Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrim, Ini Edaran Resmi dari BPBD Mesuji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: