Jokowi Jawab Tudingan PDIP Soal Food Estate Dikuasai Prabowo dan Kroni

Jokowi Jawab Tudingan PDIP Soal Food Estate Dikuasai Prabowo dan Kroni

Foto : Jokowi bantah tudingan proyek Food Estate dikuasai kelompok tertentu-(Istimewa)-

RADARMETRO- Presiden Joko Widodo buka suara terkait tudingan Sekertaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebutkan proyek Food Estate dikuasai Prabowo Subianto dan kroninya.

Jokowi dengan tegas membantah tudingan itu dengan mengatakan proyek Food Estate merupakan proyek yang dikerjakan tak hanya oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) melainkan juga oleh Kementerian lain.

"Ya itu namanya kerja, itu ya yang kerja itu beberapa kementerian. Ada kementerian teknisnya kementan, ada yang membuat land clearing, irigasi  itu ada di Kementrian PU. Ada yang berkaitan dengan kerja strategis bisa juga di (Kementerian) Pertahanan," kata Jokowi di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, dilansir Tempo, Jumat (18/8/2023).

Jokowi menambahkan saat ini seluruh jajaran kementerian yang ditunjuk untuk menjalankan proyek tersebut sedang berupaya melakukan pencegahan krisis pangan dah itu bukanlah hal yang mudah.

BACA JUGA:Dikritik PDIP, Jokowi Pastikan Program Food Estate Terus Lanjut

Untuk itu Jokowi meminta masyarakat untuk bersabar menanti hasil dari proyek ini.

"Bahwa ada yang berhasil, bahwa ada yang setengah berhasil, atau yang belum berhasil, ya itu yang harus dikoreksi, diperbaiki, dievaluasi," kata Jokowi.

Sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melontarkan kritikan keras terhadap proyek lumbung pangan ini.

Hasto menyebut proyek tersebut tidak menghasilkan apa-apa bahkan disebutnya sebagai sebuah kejahatan lingkungan Dia junya menuding Food Estate hanya dimanfaatkan sebagian golongan untuk kepentingan sendiri.

Hasto menyoroti pelaksana dari proyek tersebut yakni PT Agro Industri Nasional (Agrinas) yang disebut Hasto berisikan orang-orangnya Prabowo.

"Vested of interest, sehingga dibentuk misalnya PT Agrinas yang diisi oleh sahabat-sahabat dan juga (anggota) partai-partai politik yang seharusnya tidak ikut campur tangan dalam menggunakan anggaran dari negara," kritik Hasto.

PT Agro Industri Nasional (Agrinas) sendiri didirikan pada April 2020 lalu dan diketahui dimiliki oleh Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YYSDP) yang pengurusnya disebut-sebut Hasto sebagai orang dekat Prabowo.

Belakangan Hasto mengatakan sebenarnya PDIP mendukung program Food Estate yang digalakkan oleh pemerintah Jokowi, namun mereka hanya menyoroti implementasi dari program tersebut yang dinilai gagal.

BACA JUGA:Puan Nilai Hasto Terlalu Jauh Ungkit Masalah Food Estate Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: