El Nino Mulai Membuat Sumur di Sebagian Wilayah Way Kanan Kering

El Nino Mulai Membuat Sumur di Sebagian Wilayah Way Kanan Kering

Foto: Kepolisian turunkan water canon untuk distribusikan air bersih ke sejumlah wilayah di Kabupaten Way Kanan.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Dampak cuaca panas ekstrim lantaran fenomena El Nino belakangan ini mulai dirasakan oleh masyarakat di Km 8 Kelurahan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan.

Melihat kondisi seperti itu, kepolisian terjunkan kendaraan Armored Water Canon (AWC) membawa 8.000 liter air bersih gratis untuk warga, Sabtu (19/8/2023).

Kedatangan Polres Way Kanan dengan membawa water canon membawa air bersih nampaknya ditunggu-tunggu oleh warga. Mereka berbondong-bondong berbekal berbagai peralatan penampungan air.

Seketika water canon sampai di lokasi, warga langsung menyerbu ribuan air bersih yang disediakan oleh kepolisian secara gratis.

Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo secara langsung turun memantau kondisi kekeringan yang melanda sekaligus mendistribusikan air bersih kepada warga.

Dalam kesempatan itu turut didampingi oleh Kasatlantas AKP Elvis Yani, Kasatsamapta Iptu Jahtera, serta jajaran Polres Way Kanan. Selain itu juga nampak aparatur Pemerintahan Desa Blambangan Umpu.

"Siang hari ini saya didampingi oleh Kepala Dusun Km 8 kelurahan Blambangan Umpu Nasharudin, melakukan pembagian air bersih," ujar Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo kepada awak media.

BACA JUGA:Memasuki Agustus, Wilayah Pekalongan Mulai Krisis Air Akibat El Nino

Pratomo mengungkapkan pembagian air bersih kepada warga merupakan bentuk kepedulian Polri dalam menanggapi sekaligus mengantisipasi dampak fenomena El Nino.

"Oleh karena itu, kami mempunyai inisiatif bekerjasama dengan Kadus untuk mengorganisir masyarakat dan mengumpulkan tempat penampuan air seperti tong, ember, drum dan jerigen untuk diisi air bersih menggunakan kendaraan Armored Water Canon yang kita miliki," ungkapnya.

Ia juga mengatakan hingga pertengahan Agustus ini sejumlah sumber air di Way Kanan masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga untuk beberapa waktu kedepan.

"Di beberapa tempat masih ada air yang bisa kita ambil dan disalurkan disini. Dalam aksi sosial ini sudah ketiga kalinya dilakukan, sekitar 8.000 liter air bersih diberikan terhadap masyarakat secara gratis," jelasnya.

Pembagian air bersih itu sangat dinantikan oleh warga. Salah seorang warga mengatakan setiap musim kemarau melanda kebutuhan air bersih sangat penting.

"Selama ini, jika musim kemarau mendapatkan air harus membelinya dan sekarang mendapatkan bantuan. Alhamdulilah kita bersyukur kepada bapak Kapolres Way Kanan,” ucap salah seorang warga bernama Yani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: