10 Negara Dengan Nilai Tukar Mata Uang Terendah di Dunia, Indonesia Masuk Juga

10 Negara Dengan Nilai Tukar Mata Uang Terendah di Dunia, Indonesia Masuk Juga

Foto : Mata uang Iran, Rial menjadi mata uang dengan nilai tukar terendah-(Istimewa)-

RADARMETRO- Uang adalah alat tukar yang digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia dalam kegiatan ekonomi dan setiap negara tentunya memiliki mata uangnya sendiri.

Kebanyakan orang pasti tahu tentang mata uang dunia yang nilainya paling kuat dan stabil yaitu mata uang milik negara adidaya Amerika Serikat, Dolar.

Banyak hal yang mempengaruhi nilai suatu mata uang seperti faktor stabilitas ekonomi, risiko politik, inflasi dan juga permintaan dan penawaran untuk mata uang itu sendiri.

Sampai dengan saat ini, Dolar Amerika Serikat masih jadi standar acuan untuk melihat nilai kurs mata uang negara lainnya.

Tapi, tahukah Anda apa saja mata uang terendah di dunia? Ternyata, mata uang negara kita, rupiah, tercatat sebagai salah satu mata uang dengan nilai tukar terendah terhadap mata uang internasional.

Selain mata uang Indonesia, ada juga mata uang negara lain, seperti Vietnam, Laos, dan lainnya yang tercatat memiliki nilai tukar yang paling rendah di dunia.

Penasaran negara mana saja yang memiliki mata uang terendah di dunia? Cari tahu bersama di dalam artikel berikut ini.

1. Iran (Rial/IRR)

Negara yang memiliki nilai tukar mata uang terendah di dunia adalah Iran. Nilai tukar 1 Rial Iran setara dengan 0,000024 Dolar AS atau 1 Dolar AS yang setara dengan 42.250 Rial Iran.

Krisis ekonomi berkepanjangan yang disebabkan oleh peperangan menjadi faktor utama nilai mata uang milik Iran rial memiliki nilai tukar yang sangat rendah. Perang yang tak kunjung usai membuat banyak investor memutuskan untuk tidak berinvestasi di negara itu.

2. Vietnam (Dong/VND)

Untuk ukuran asia tenggara, Vietnam merupakan salah satu negara yang cepat berkembang. Tapi nilai tukar mata uang Vietnam Dong terhadap Dolar Amerika masih sangat rendah.

Saat ini nilai tukar 1 Dong setara dengan 0,000042 Dolar AS atau 1 Dolar AS setara dengan 23.820 Dong Vietnam.

BACA JUGA:Gubernur Arinal Kunjungi Desa Jojog dan Batanghari Nuban, Ternyata Ini yang Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: