Pemimpin Tentara Bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat

Pemimpin Tentara Bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat

Foto : Bos Wagner, Yevgeny Prigozhin dinyatakan tewas dalam kecelakaan pesawat-(Istimewa)-

RADARMETRO- Pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, dilaporkan tewas setelah berada di dalam pesawat jet pribadi, yang jatuh di Tver, utara Moskow, Rusia pada Rabu (23/8/2023) waktu setempat.

Insiden kecelakaan ini terjadi dua bulan setelah Prigozhin dan pasukannya melancarkan pemberontakan yang gagal terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin.

Menurut kantor berita milik pemerintah Rusia TASS, Pesawat Embraer 135BJ Legacy 600 yang membawa tiga pilot dan tujuh penumpang dalam perjalanan dari Moskow ke St. Petersburg jatuh hampir 300 kilometer di utara ibu kota Rusia, Moskow.

Badan penerbangan Rusia Rosaviatsia melaporkan bahwa nama Prigozhin menjadi salah satu penumpang yang ada dalam manifes penerbangan tersebut.

Selain Prigozhin, sejumlah petinggi dan pejabat penting Wagner juga berada di dalam pesawat tersebut, termasuk Dmitry Utkin yang merupakan tangan kanan Prigozhin.

BACA JUGA:Nekat! Pria Ini Curi Mobilnya Sendiri dari Halaman Parkir Polresta Bandar Lampung

Meski belum ada kepastian Prigozhin turut menjadi korban dalam insiden itu, namun saluran Telegram yang terkait dengan Wagner, Gray Zone, sudah mengumumkan kematian pemimpin mereka dengan mengunggah rekaman yang menunjukkan puing-puing pesawat terbakar di sebuah lapangan.

Gray Zone, sebelumnya melaporkan bahwa pesawat pribadi milik Prigozhin ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara pasukan Rusia sehingga memicu dugaan bahwa itu adalah operasi pembunuhan atas perintah Presiden Vladimir Putin yang menargetkan Prigozhin.

Pesawat tersebut dikatakan jatuh di dekat desa Kuzhenkino di wilayah Tver, sekitar setengah jalan antara Moskow dan St Petersburg.

Gray Zone mengatakan penduduk setempat mendengar dua ledakan sebelum kecelakaan dan melihat dua jejak uap.

Di tengah maraknya spekulasi dan tidak adanya fakta yang dapat diverifikasi tentang peristiwa bos Wagner tewas itu, beberapa pendukungnya menyalahkan Rusia. Pendukung lainnya menyatakan Ukraina berada di balik kecelakaan pesawat tersebut.

Prigozhin, pernah menjadi orang kepercayaan Vladimir Putin, ia memimpin pasukan Wagner-nya bertempur bersama tentara reguler Rusia dalam invasi ke Ukraina.

Prigozhin, sering mengecam orang-orang seperti Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Jenderal Valery Gerasimov dalam pidato publiknya atas cara mereka menangani invasi Ukraina.

Pada 23 Juni 2023, kelompok paramiliter itu melakukan pemberontakan singkat terhadap kepemimpinan militer Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: