Membuat Pojok Literasi, Tim PPK ORMAWA Himadikmi FKIP UM Metro Kerjasama dengan 5 KWT di Ngestirahayu

Membuat Pojok Literasi, Tim PPK ORMAWA Himadikmi FKIP UM Metro Kerjasama dengan 5 KWT di Ngestirahayu

Foto: Membuat Pojok Literasi, Tim PPK ORMAWA Himadikmi FKIP UM Metro Kerjasama dengan 5 KWT di Ngestirahayu-(Fenny)-

RADARMETRO - Setelah dinyatakan lolos program PPK ORMAWA Kemdikbud-Ristek Tahun 2023, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HIMADIKMI) mulai melaksanakan program dengan topik Desa Cerdas.

Mengangkat judul “Pengembangan Desa Cerdas melalui Pojok Literasi untuk 

Meningkatkan Life Skill KWT Desa Ngestirahayu Menuju Kemandirian Ekonomi”, Himadikmi bertekat ingin membuat 5 pojok literasi sebagai pusat pembelajaran ibu-ibu KWT.

Desa Ngestirahayu (mitra PPK Ormawa) merupakan salah satu desa yang ada di Kemacatan

Punggur, desa ini merupakan desa binaan Universitas Muhammadiyah Metro, sesuai dengan MoU Nomor: 547/II.3.AU/F/UMM/2022 antara Rektor Universitas Muhammadiyah Metro dengan Camat Punggur.

Kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Metro dengan Desa Ngestirahayu, sudah terdaftar ke dalam sistem informasi Indeks Desa Membangun (IDM) Kementrian Desa yang dapat diakses melalui akun desa.

Masyarakat Desa Ngestirahayu mayoritas pekerjaannya adalah petani, sehingga Kelompok Wanita Tani atau KWT pun juga banyak dijumpai pada desa ini.

BACA JUGA:Gara-Gara Bakar Rumput, 5 Hektare Kebun Jati Ikut Terbakar

Potensi Desa Ngestirahayu untuk UMKM cukup baik di bidang produk hasil pertanian, dari data yang diperoleh dari pendamping desa terdapat UMKM rumah tangga sebanyak 29 Unit.

Usaha yang dihasilkan UMKM di antara industri jamu instan, kerajinan dari enceng gondok, penggilingan kopi, keripik pisang, bawang goreng, dan produk olahan hasil KWT lainnya.

Usaha-usaha UMKM juga dijalankan oleh KWT, BumDes dengan sistem titip dan komisi.

Tim PPK HIMADIKMI melakukan observasi dan wawancara ke 5 kelompok wanita tani (KWT) Desa Ngesti Rahayu, adapun 5 KWT tersebut diantaranya: (1) Sekar Wijaya Kusuma dusun 5, (2) Sekar Rahayu dusun 4, (3) Sekar wangi dusun 4, (4) Rosalia dusun 3, dan (5) Cendana dusun 1.

Dimana masing-masing KWT di Desa Ngestirahayu tersebut sudah memiliki hasil olahan pertanian.

Produk-produk dari setiap 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: