Tingkatkan Pendidikan Cerdas Informasi, 500 Guru di Lampura Ikuti Workshop Pendidikan PWI Lampura

Tingkatkan Pendidikan Cerdas Informasi, 500 Guru di Lampura Ikuti Workshop Pendidikan PWI Lampura

Foto: 500 Guru di Lampura Ikuti Workshop Pendidikan PWI Lampura-(Iwan)-

RADARMETRO - Sebanyak 500 guru se Kabupaten Lampung Utara mengikuti  Workshop Pendidikan yang digelar  PWI Lampura

Beberapa kegiatan narasumber diantaranya, Kajari Lampura Mohamad Farid Rum dana, Kapolres Lampura AKBP Teddy Rachesna, Kepala Dinas Pendidikan Lampura Sukatno SH, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah, dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Lampung Dr H Iskandar Zulkarnain. 

Kegiatan yang dibuka Bupati Lampung Utara yang diwakili Sekda Lekok tersebut, mengusung tema" PWI dan Pemerintah Kabupaten Lampung Utara Bersinergi Tingkatkan Pendidikan Masyarakat Cerdas Informasi, tersebut digelar di Islamic Center Kota Bumi, Senin (4/9/2023). 

Ketua PWI Lampura, M. Rozi Ardiansyah mengatakan, kegiatan workhop tersebut diselenggarakan sebagai wujud kepedulian PWI terhadap perkembangan jurnalistik, khususnya di wilayah Lampura. Dimana, menurutnya, kebebasan pers seringkali disalah artikan oleh oknum-oknum di lapangan. 

"Meskipun niatnya baik, dengan penyampaian yang kurang tepat hasilnya malah kontraproduktif. Imbasnya narasumber malah menjadi resah sehingga citra profesi ini semakin terpuruk di mata masyarakat," ungkapnya. 

BACA JUGA:Sudah 4 Kali Diadukan, Warga Mengeluh Kinerja Polisi Metro

Lebih lanjut, Rozi beeharap kegiatan ini dapat menambah wawasan para tenaga pendidik tentang kerja-kerja pers. Ke depan, PWI Lampura juga akan roadshow ke sekolah menengah atas (SMA) di Lampura bekerjasama dengan MKKS. 

"PWI Lampura fokus pada peningkatan kualitas SDM wartawan dan turut serta mencerdaskan masyarakat. Utamanya dalam menerima dan mengolah informasi agar tak mudah termakan hoaks. Saya mengajak semua pihak untuk memperkuat sinergisitas. Terimakasih kepada Pemda dan semua pihak yang telah mensupport kegiatan ini," tegas Batin Rozie, sapaan akrabnya . 

Ditempat yang sama, Ketua PWI Lampung, H. Wirahadikusumah, S.P, mengatakan kegiatan ini adalah bentuk kepedulian PWI terhadap dunia pers yang dituntut membangun SDM dari luar juga dari dalam. 

Oleh sebab itu, ia mengapresiasi kegiatan workshop pendidikan yang digelar PWI Lampura. Menurutnya, kegiatan workshop pendidikan ini yang terbesar diselenggarakan PWI Kabupaten/Kota.

"Tentu ini dapat berlangsung karena sinergitas, bukan hanya bersama pemda akan tetapi kepada semua pihak," kata Wira, sapaan akrab Direktur Rilis ID itu. 

Ia menegaskan wartawan merupakan profesi yang kerja-kerjanya diatur oleh kode etik jurnalistik (KEJ) dan UU Pers.

"Wartawan itu bekerja bukan mencari-cari kesalahan, tapi memberitakan fakta, mencari berita. Kami menjadi pencuci informasi, meluruskan informasi di media sosial. Kami memerlukan dukungan semua pihak," tegas Wira. 

BACA JUGA:Hari Ini Dimulai Operasi Zebra Krakatau 2023 Polres Metro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: