Hari Ini Dimulai Operasi Zebra Krakatau 2023 Polres Metro

Hari Ini Dimulai Operasi Zebra Krakatau 2023 Polres Metro

Foto: Operasi Zebra Krakatau 2023 diawali dengan apel gelar pasukan Mapolres Metro. Operasi akan berlangsung sejak 4 September hingga 17 September mendatang.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Metro menerjunkan 42 anggota pada Operasi Zebra Krakatau 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung mulai hari ini, Senin (4/9), sampai 14 hari kedepan.

Gelaran Operasi Zebra Krakatau diawali dengan apel gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho di Mapolres setempat.

Selanjutnya, puluhan personel kepolisian akan melangsungkan hunting alias patroli keliling untuk menindak pengguna jalan yang menyalahi 7 prioritas pelanggaran Operasi Zebra Krakatau 2023.

Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho  mengatakan gelaran operasi kali ini sebagai wujud Polri untuk ikut andil dalam kemanan, ketertiban, dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas menuju Pemilu Damai 2024.

"Operasi Zebra akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai hari ini tanggal 4 September sampai 17 September nanti," ujarnya.

Ia juga menekankan agar anggota lebih mengedepankan penindakan secara humanis kepada masyarakat yang kedapatan melanggar ketertiban lalu lintas.

"Kami meminta kepada anggota yang bertugas dalam Operasi Zebra Krakatau untuk menghindari penindakan yang kontraproduktif di masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Metro AKP Rezki Parsinovandi mengatakan pihaknya akan lebih mengedepankan tindakan berupa imbauan dan teguran untuk para pelanggar lalu lintas.

BACA JUGA:Berikut 7 Pelanggaran Bakal Ditindak Saat Operasi Zebra Krakatau 2023

Namun, kepolisian juga tidak segan-segan untuk memberikan sanksi tilang kepada pengendara yang melanggar aturan yang dapat memicu kecelakaan lalu lintas.

"Dalam prosesnya penindakan preemtif 40 persen, preventif 40 persen, dan sisanya 20 persen penegakan hukum," ungkapnya.

Ia mengatakan dilakukannya Operasi Zebra bertujuan untuk mengurangi pelanggaran ketertiban lalu lintas di Kota Metro.

"Tentunya agar pelanggaran lalu lintas menurun dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas" ungkapnya.

Sehingga, kata Rezki, peningkatan kesadaran masyarakat dalam menaati peraturan lalu lintas turut mengurangi angka kecelakaan yang berakibat fatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: