Cak Imin Tak Hadir Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Cak Imin Tak Hadir Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Foto : Cak Imin batal diperiksa KPK hari ini-(Istimewa)-

RADARMETRO- Ketua Umum PKB sekaligus mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tak hadir penuhi panggilan untuk diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini.

Sebelumnya KPK telah melayangkan surat panggilan resmi kepada Cak imin dan yang seharusnya dijadwalkan akan diperiksa hari ini, Selasa, 5 September 2023. 

Cak Imin sendiri akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans) terjadi pada tahun 2012 di mana Ia saat itu menjabat sebagai Menakertrans.

Informasi tentang ketidakhadiran Cak Imin itu dibenarkan oleh Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri. Ia mengatakan pihaknya telah menerima surat permintaan penundaan pemeriksaan dari Cak Imin.

"Iya tidak hadir dan sudah mengkonfirmasi," kata Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (5/9/2023).

BACA JUGA:Besok KPK Akan Periksa Cak Imin Dalam Kasus Dugaan Korupsi Kemenakertrans

Ali Fikri dalam keterangannya mengatakan alasan ketidakhadiran Cak Imin dikarenakan yang bersangkutan sudah memiliki agenda acara di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

"Informasi yang kami peroleh dari tim penyidik KPK tadi menyampaikan bahwa telah menerima surat konfirmasi dari saksi ini tidak bisa hadir karena agenda lain di tempat lain," kata Ali Fikri, Selasa (5/9/2023).

Ali juga menyebutkan bahwa Cak Imin telah meminta pemeriksaan terhadap dirinya dilakukan pada hari Kamis 7 September 2023. Namun pihak KPK tidak bisa memenuhi permintaan itu dikarenakan pada tanggal tersebut tim penyidik KPK juga memiliki agenda lain yakni melakukan penggeledahan untuk mengumpulkan bukti yang dibutuhkan dalam kasus ini.

"Tadi penyidik KPK sudah juga menyampaikan pada kami karena hari Kamis ada agenda lain, yang kemarin sudah kami sampaikan ya karena bagian dari pengumpulan alat bukti," ujar Ali Fikri.

Untuk itu Ali mengatakan pihaknya akan menjadwal ulang pemeriksaan teehadap Cak Imin pada pekan depan. Namun belum Dia belum bisa memerinci kapan tepatnya hari pemeriksaan Ketum PKB itu dilakukan.

BACA JUGA:Cak Imin Berpeluang Diperiksa KPK Terkait Dugaan Korupsi di Era Jabatannya Sebagai Menakertrans

"Tim penyidik akan jadwalkan kembali pemanggilan kepada saksi ini nanti minggu depan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: