Tiga Hari Operasi Zebra Krakatau, Polres Pringsewu Tindak 314 Pelanggar Lalu Lintas

Tiga Hari Operasi Zebra Krakatau, Polres Pringsewu Tindak 314 Pelanggar Lalu Lintas

Foto: Tiga Hari Operasi Zebra Krakatau, Polres Pringsewu Tindak 314 Pelanggar Lalu Lintas-(Reza)-

RADARMETRO - Tiga hari menggelar Operasi Zebra Krakatau 2023, Polres Pringsewu menindak 314 pelanggar lalu lintas. Dari jumlah tersebut mayoritas pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor.

Demikian disampaikan Kasat Lantas Polres Pringsewu, AKP Khoirul Bahri saat memimpin kampanye keselamatan lalu lintas di ruas Jalan Lintas Barat Sumatera, Pekon Gumukmas, Kecamatan Pagelaran, Rabu (6/9/2023).

Ia mengungkapkan, hingga hari ketiga yang ditindak dengan tilang berjumlah 49 pengendara. Sedangkan yang ditindak dengan teguran sebanyak 265 pengendara.

"Mayoritas pelanggaran masih didominasi pengendara sepeda motor, dengan jenis pelanggaran terbanyak tidak memakai helm SNI yakni sebanyak 209 pelanggar. Disusul berbonceng lebih dari satu 44 pelanggar," jelasnya. 

Tidak hanya itu, lanjutnya, pelanggaran lain yakni berkendara dibawah umur sebanyak 28 pelanggar. Lalu, tidak memakai sabuk pengaman 26 pelanggar. 

"Ada juga pelanggat yang membawa muatan berlebih atau over load sebanyak 7 pelanggar," terangnya. 

BACA JUGA:Hari Pertama Operasi Zebra Krakatau, Polwan Polres Pringsewu Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas ke Pelajar

Menurutnya, dalam operasi tersebut terdapat 7 sasaran prioritas pelanggaran yang akan ditindak. Diantaranya, berkendara melebihi kecepatan, penggunaan handphone saat berkendara, dan pengemudi di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang.

"Kemudian berkendara di bawah umur dan pengendara berboncengan lebih dari satu orang. Lalu, berkendara tidak menggunakan helm atau sabuk keselamatan serta berkendara melawan arus," bebernya. 

Mantan Kasatlantas Polres Mesuji ini juga menyampaikan bahwa Operasi Zebra ini bertujuan menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Kemudian meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Oleh karena itu ia mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk terus tertib dan mematuhi peraturan berlalu lintas. Ini seperti memakai helm, memasang kelengkapan kendaraan dan tidak kebut-kebutan dijalanan.

BACA JUGA:Hari Ini Dimulai Operasi Zebra Krakatau 2023 Polres Metro

"Dan tidak lupa agar membawa identitas diri dan dokumen kendaraan saat bepergian," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: