Spektakuler !!! Pesepakbola Asal Lampung Masuk Timnas Wanita ke Lebanon

Spektakuler !!! Pesepakbola Asal Lampung Masuk Timnas Wanita ke Lebanon

Foto: Berlyan Asya Pertiwi menjadi inspirasi perkembangan sepakbola wanita di Kota Metro.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Berlyan Asya Pertiwi, satu-satunya pesepakbola wanita dari Provinsi Lampung yang memperkuat Garuda Pertiwi pada babak pertama Kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Pada babak pertama kualifikasi ini, pemenang dari setiap grup akan melaju ke babak kedua, di mana lima tim peringkat tertinggi FIFA zona Asia sudah menanti di babak ini, yakni Korea Utara, Jepang, Australia, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Berlyan melengkapi daftar 22 pemain Timnas Garuda Pertiwi U-18 yang dibawa ke Lebanon untuk laga Grup F kontra tim tuan rumah dan Taiwan.


Sebelumnya, terdapat 26 pemain yang dipanggil untuk mengikuti seleksi dan pemusatan latihan (TC) selama beberapa hari di Jakarta.

Pesepakbola wanita kelahiran Jatimulyo, Lampung Selatan, itu menempati posisi bek. N antinya akan berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia di bawah asuhan pelatih Timnas Wanita Rudy Eka Priyambada.

Hal itu dibenarkan oleh Ilhamza, selaku Exco Sepakbola Wanita Kota Metro. Ia mengatakan, Berlyan Asya Pertiwi telah melalang buana di dunia sepakbola.

Berlyan pernah memperkuat salah satu klub di Kota Metro yakni, Persikomet. Kemudian, Akademi Porja Jatimulyo (APJ FC), dan menembus tim inti sepakbola wanita Universitas Teknokrat.

“Satu anak dari Persikomet yang lolos seleksi Timnas Wanita buat berangkat ke Lebanon,” ujar Ilhamza, Kamis (6/4/2023).

BACA JUGA: Lakukan Penilaian Tahap Ketiga, TPU dan TPI PPD Turun ke Kota Metro

Saat meniti karir sepakbolanya, Berlyan ditempatkan pada berbagai posisi sesuai dengan kebutuhan. Seiring berjalannya waktu, skill Berlyan lebih diarahkan untuk menjadi pemain belakang.

"Dia di bek, sampai sekarang harusnya di posisi itu. Tapi pelatih Timnas akan jauh lebih tau soal positioning pemainnya," tegas Ilhamza.

Ia menambahkan, dengan lolosnya Berlyan pada skuat Garuda Pertiwi menjadi angin segar bagi sepakbola wanita di Kota Metro.

"Kita akan berusaha melanjutkan generasi dari Berlyan, saya yakin sepakbola wanita di Kota Metro akan semakin banyak melahirkan pemain nasional," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: