Tangani Masalah ABH, Pemkot Metro Segera Bentuk Tim Terpadu

Tangani Masalah ABH, Pemkot Metro Segera Bentuk Tim Terpadu

Foto : Assisten I Setda Kota Metro Supriyadi memimpin rapat penyusun tim terpadu penanganan ABH di Kota Metro.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro akan segera membentuk Tim Terpadu Penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH). Tim ini dibentuk menyusul maraknya aksi bullying atau perundungan yang  terjadi pada anak. 

Dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Assisten I Setda Kota Metro Supriyadi membenarkan rencana pembentukan tim tersebut. Ia mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam penanganan ABH. 

"Jadi tadi kita sudah lakukan rapat untuk menyusun draf pembentukan tim ini. Nanti setelah draf disusun akan ditindaklanjuti dengan pembuatan Surat Keputusan (SK)," terangnya usai memimpin rapat, Jumat (29/9/2023). 

Ia menjelaskan, ada beberapa OPD dan instansi lintas sektoral yang akan dilibatkan dalam pembentukan tim tersebut. Diantaranya yakni Dinas Pendidikan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Kesbangpol, dan DP3AP2KB.

"Tim ini juga akan melibatkan Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kejaksaan Negeri (Kejari), dan Polres Metro. Kemudian ada juga unsur terkait lainnya seperti Bagian Hukum Setda Metro dan lainnya," jelasnya. 

BACA JUGA:KPK Sita Uang Puluhan Miliar dari Rumah Mentan SYL

Menurutnya, tim terpadu ini dibentuk untuk mensosialisasikan upaya pencegahan kekerasan terhadap anak. Kemudian juga melakukan sosialisasi untuk pencegahan anak berhadapan dengan hukum. 

"Selain itu tim ini juga akan bertugas untuk memberikan pembinaan terhadap ABH. Sehingga kasus-kasus ABH dapat dicegah atau diminimalisir terjadi," ungkapnya. 

Terlebih diakuinya di beberapa daerah kasus perundungan maupun bullying tengah marak terjadi. Dengan dibentuknya tim tersebut ia berharap dapat mengantisipasi terjadinya aksi serupa di Kota Metro. 

"Kita tahu saat ini tren perundungan atau bullying banyak yang terjadi akhir-akhir ini. Kita berharap dengan dibentuknya tim ini nanti bisa mengantisipasi aksi perundungan atau bullying dan ABH di Kota Metro," ujarnya. 

Ia menargetkan tim tersebut dapat segera tersusun hingga Oktober mendatang. Sehingga tim terpadu tersebut dapat segera melaksanakan tugasnya untuk melakukan pencegahan terhadap ABH. 

BACA JUGA:dr Cahyono: Jaga 2 Hal Ini untuk Jantung Mu Tetap Sehat

"Targetnya secepatnya kita susun dan di-SK-kan. Mudah-mudahan Oktober sudah terbentuk timnya. Sehingga kasus ABH tidak terjadi di Kota Metro," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: