Pohon Besar Kiara Payung di Depan Gedung PKK Kalianda Akhirnya Ditebang

Pohon Besar Kiara Payung di Depan Gedung PKK Kalianda Akhirnya Ditebang

Foto: Terlihat petugas gabungan saat mengeksekusi pohon jenis Kiara Payung setinggi 25 meter di Jalan Indra Bangsawan, Way Urang, Kecamatan Kalianda.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Sebuah pohon besar setinggi 25 meter yang berpotensi roboh di Jalan Indra Bangsawan, Way Urang, Kecamatan Kalianda, akhirnya ditebang, Kamis (5/10/2023). Belasan petugas gabungan dikerahkan.

Eksekusi pohon dilakukan oleh petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Selatan.

Kabid Damkar Lampung Selatan Rully Fikriansyah mengatakan proses penebangan pohon penghijauan jenis Kiara Payung itu dilakukan sekira pukul 08.30 WIB. 

Menurutnya pohon setinggi 25 meter harus ditebang dengan karena dikhawatirkan sewaktu-waktu dapat tumbang dan menghancurkan bangunan yang tak jauh disebelahnya, yakni gedung PKK Kabupaten Lampung Selatan. 


Foto: Pohon Besar Kiara Payung di Depan Gedung PKK Kalianda Akhirnya Ditebang-(Istimewa)-

BACA JUGA:Kurir J&T di Metro Jadi Korban Pencurian, Motor dan Puluhan Paket Raib

"Anggota langsung mengevakuasi pohon tumbang di DLH sampai degan selesai pada pukul 11.31 WIB," ujarnya.

Diketahui, pohon kiara payung merupakan salah satu tanaman peneduh yang menjadi favorit saat ini. 

Pohon dengan nama latin Filicium decipiens itu termasuk tanaman rindang dan bertajuk luas serta kemampuannya menyerap CO2 sangat baik. 

Tinggi pohon kiara payung dapat mencapai puluhan meter lebih dengan daun-daunnya yang rimbun, sehingga meneduhkan tempat di sekitarnya. 

BACA JUGA: Diduga Pengereman Bermasalah, Mobil Tronton Nyaris Hangus Terbakar di Exit Tol Natar

Pohon ini juga sangat cocok ditanam untuk menghias halaman rumah, sekolah, perkantoran, taman kota, hingga jalan-jalan umum di perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: