Sulpakar Targetkan Pemasangan Listrik 1.090 Rumah Tangga di Mesuji, Gratis

Sulpakar Targetkan Pemasangan Listrik 1.090 Rumah Tangga di Mesuji, Gratis

Foto : Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar saat melakukan kunjungan ke Desa tua di Kabupaten Mesuji dalam rangka memantau kondisi beberapa desa yang belum teraliri listrik secara merata-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Pemerintah Kabupaten MESUJI terus mengejar program program di Kementerian dan Pemerintah Pusat, bukan hanya pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi perhatian serius Pj. Bupati MESUJI juga fokus terkait masalah penerangan atau listrik masuk desa yang di butuhkan masyarakat di Kabupaten MESUJI

Melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji Sulpakar menyampaikan usulan Bantuan Pasang Baru Listrik ( BPBL ) sebanyak 1.090 rumah tangga tidak mampu berdasarkan usulan dan validasi yang di lakukan di desa. 

Kemudian usulan tersebut di sampaikan kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia di Jakarta

"Alhamdulillah usulan yang kita ajukan mendapat tanggapan dan jawaban dari kementerian ESDM Republik Indonesia,"ujar welly, Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup serta Energi Baru Terbarukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji.

Welly menambahkan, Kabupaten Mesuji di tahun 2023 mendapat kuota  271 Rumah Tangga dan sisanya 819 Rumah Tangga untuk anggaran di tahun 2024.

Welly memaparkan, ada pun bantuan yang di berikan oleh kementerian ESDM Republik Indonesia antara lain Pemasangan Instalasi Tenaga Listrik ( Lampu LED 10 watt 3 buah saklar, stop kontak dan Aksesoris Lainnya), Pemeriksaan dan Pengujian Instalasi Tenaga Listrik, Penyambungan Baru (Daya 900 Watt), Pengisian Token Listrik Perdana. 

Untuk di Kabupaten Mesuji tahap awal yang sudah terlaksana yaitu di Kecamatan Mesuji antara lain Desa Sidomulyo dan 6 rumah tangga yang dalam proses pekerjaan pemasangan instalasi listrik.

Selanjutnya di Desa Mulyasari 10 rumah tangga, Suka Maju 20 rumah tangga, Tanjung Serayan 29 rumah tangga.

Kemudian Kecamatan Tanjung Raya di Desa Keagungan Dalam 33 rumah tangga, Desa Gedung Mulya 33  rumah tangga, Desa Tanjung Harapan 9 rumah tangga, Sri Tanjung 10 rumah tangga.

Sementara di Kecamatan Panca Jaya, di Desa Fajar Indah 12 rumah tangga, dan di Kecamatan Mesuji Timur, Desa Dwi Karya Mustika 11 rumah tangga.

"Sementara sisanya masih menunggu SK Penetapan dari Kementerian ESDM,"papar Welly.

Untuk saat ini sedang dilakukan Pemasangan Kwh Gratis di Desa Keagungan Dalam Kecamatan Tanjung Raya dan sudah 80 ℅ di lakukan pemasangan Kwh dari seluruh kuota yang diberikan untuk Kabupaten Mesuji.

Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM., menambahkan bahwa untuk tujuh Kecamatan yang ada di Kabupaten Mesuji pihaknya telah mengusulkan ke Kementerian ESDM, total ada sebanyak 1.090 rumah tangga. 

"Memang semua di lakukan secara bertahap, 271 rumah tangga tahun 2023. Jadi mohon bersabar untuk Kecamatan yang lain yang belum di lakukan BPBL di Tahun 2024 kuotanya masih ada 819 rumah tangga,"jelas Sulpakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: