Antisipasi Kasus Bullying, Polisi Ajak Siswa SDN 2 Podomoro Lawan Perundungan

Antisipasi Kasus Bullying, Polisi Ajak Siswa SDN 2 Podomoro Lawan Perundungan

Foto: Sosialisasi pencegahan bullying di sekolah.-(Reza)-

RADARMETRO - Polisi di Pringsewu aktif melakukan Binluh (bimbingan dan penyuluhan) di sekolah dasar setempat sebagai upaya pencegahan terhadap kasus bullying yang semakin meningkat di kalangan pelajar.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun kesadaran dan menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi semua siswa.

Sejumlah petugas polisi dari Polsek Pringsewu Kota yang dipimpin Panit Binmas Ipda Asmadi, mengunjungi SD Negeri 2 Podomoro, Rabu (18/10/2023). 

Mereka berinteraksi dengan puluhan siswa-siswi kelas 2 hingga 6, memberikan motivasi belajar dengan diselingi berbagai pengetahuan tentang dampak dan bahaya bullying. 

Ipda Asmadi menyampaikan, tindakan perundungan atau bullying adalah masalah serius yang perlu diatasi bersama-sama. 

Dengan memberikan binluh, dia berharap dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya menghormati satu sama lain dan mencegah perilaku bullying.

Selain memberikan penyuluhan, petugas polisi juga menyampaikan informasi kepada siswa tentang cara melaporkan kasus bullying kepada pihak sekolah atau polisi. 

BACA JUGA:Ruang Kelas dan Musala SMAN 3 Kotabumi Ludes Terbakar

Mereka juga memberikan tips bagi siswa yang mungkin menjadi korban bullying atau yang menyaksikan kejadian tersebut. 

Ia berharap, kegiatan itu dapat meningkatakan pemahaman para siswa dan guru tentang arti dan dampak bullying. 

Juga sebagai media membangun dan memperkuat nilai-nilai empati, kerjasama, dan penghargaan terhadap keberagaman untuk merangsang budaya positif di lingkungan sekolah.

Kapolsek Pringsewu Kota AKP Rohmadi menambahkan, telah menginstruksikan kepada personelnya untuk rutin melakukan pembinaan terhadap pelajar. 

Dan tidak hanya unutk siswa-siswi sekolah dasar, penyuluhan itu juga dilaksanakan kepada pelajar SMP, SMA hingga perguruan tinggi. 

“Harapannya kasus kenakalan yang dilakukan oleh mayoritas para pelajar dan mahasiswa seperti bullying, tawuran, balapan liar, konsumsi miras, dan narkoba bisa dicegah,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: