Wow... Tinggi Tugu Pena 2 Kali Lipat dari yang Lama, Simak Penjelasannya!

Wow... Tinggi Tugu Pena 2 Kali Lipat dari yang Lama, Simak Penjelasannya!

Foto : Ini gambaran pembangunan Tugu Pena Kota Metro.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Proses pembangunan Tugu Pena yang menjadi icon Kota Metro terus dikebut. Di mana hingga akhir November mendatang pembangunan tugu tersebut harus rampung dikerjakan. 

Dikonfirmasi radarmetro.disway.id, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Metro, Robby K Saputra membenarkan hal tersebut.

Ia mengatakan, bahwa proses pembangunan Tugu Pena tersebut saat ini masih dalam proses. Ia menargetman pembangunan tugu akan rampung pada akhir November mendatang.

"Target pembangunan Tugu Pena ini sampai bulan November. Kita harapkan sebelum akhir tahun bisa diresmikan," terangnya, Jumat (20/10/2023).

Menurutnya, pembangunan tugu tersebut dilakukan mengingat seiring dengan berjalannya waktu, tampilan dan gaya arsitektur suatu kota dapat berubah.

BACA JUGA:Soal Pembangunan Tugu Pena, Walikota : Saya Kan Maju Kedepan

Sehingga, diperlukan tampilan yang lebih modern dan sesuai dengan perkembangan terbaru dalam desain arsitektur kota.

"Nah pembangunan Tugu Pena ini sebagai salah satu upaya rebranding atau pembaruan citra kota. Karena seiring berjalannya waktu, tampilan dan gaya arsitektur suatu kota dapat berubah," terangnya. 

Ia mengemukakan, anggaran untuk pembangunan tugu sebesar Rp.420 juta. Pembangunan Tugu ini dikerjakan oleh PT Prana Muda Karya dengan sumber anggaran berasal dari dana CSR Bank Lampung. 

"Jadi pembangunan tugu ini sudah melalui berbagai tahapan seperti mendapatkan rekomendasi dan persetujuan dari Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas (MRLL). Kemudian rekomendasi dari Balai Pelaksana Jalan Nasional Lampung," ungkapnya. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam pembangunannya Tugu Pena ini memiliki ketinggian lebih dari Tugu Pena sebelumnya. Di mana pembangunan tugu Pena ini memiliki tinggi sepanjang 14 meter.  

"Untuk tinggi bangunannya tugu ini jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya atau dua kali lipat lebih. Tugu Pena yang baru ini memiliki ketinggian 14 meter. Sedangkan untuk diameter bagian dasar bangunan tugu ini sebesar 15 meter," paparnya. 

BACA JUGA:Renovasi Tugu Pena Demi Keselamatan dan Kelancaran Lalu Lintas

Ia menambahkan, dengan perubahan estetika dan desain ini diharapkan dapat memenuhi tuntutan visual masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: