Kerajinan dari Limbah Pelepah Pisang Menjadi Barang Bernilai Jual Bersama Tim PKM PM UM Metro

Kerajinan dari Limbah Pelepah Pisang Menjadi Barang Bernilai Jual Bersama Tim PKM PM UM Metro

Foto: PKM mahasiswa UM Metro berdampak ke masyarakat.-(Fenny)-

RADARMETRO - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program yang membantu Mahasiswa untuk berpikir kritis dan peduli terhadap permasalahan yang ada pada masyarakat

Banyak masyarakat yang merasa terbantu dengan adanya ide-ide mahasiswa yang dapat menyelesaikan sebuah masalah yang ada. 

Seperti pada Panti Asuhan Tuma’ninah Yasin, Metro, Lampung. Permasalahan yang ada di yayasan ini adalah kurangnya kreativitas pada anak karena padatnya kegiatan pendikan, karenanya  diadakanlah program pelatihan dan pendampingan keterampilan pembuatan buket bunga ini, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dengan memanfaatkan bahan yang ada disekitar panti asuhan. 

Karena seharusnya dengan umur yang akan menginjak dewasa tersebut, perlu dipersiapkan untuk dapat memanfaatkan kemampuan diri mereka masing-masing untuk ikut serta berperan memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat dan juga dapat mengembangkan kreativitas sebagai sebuah ilmu yang dapat mencetuskan ide usaha di kemudian harinya.

BACA JUGA:Dr. Agus Sutanto Didaulat Sebagai Narasumber Workshop di STISIPOL Candradimuka

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Tim PKM PM dari Universitas Muhammadiyah Metro selain sebagai upaya mengatasi permasalahan pada panti asuhan tersebut, tetapi juga sebagai cara untuk ikut serta menanggulangi limbah sampah yang ada melalui produk yang unik dan sedang trend dikalangan anak muda maupun mahasiswa.

Dalam pelatihan ini, tim memberikan pelatihan dasar-dasar yang berhubungan dengan pembuatan buket bunga pelepah pisang,seperti bahan-bahan yang digunakan, cara pembuatan, cara merawat serta cara mempromosikan produk.

Anak-anak terlihat antusias mengikuti pelatihan sampai selesai dengan menghasilkan buket yang indah dan cantik. 

Para pengurus panti asuhan pun turut mengapresiasi kegiatan ini, menurutnya, kegiatan pelatihan ini diharapkan akan terus berlanjut sehingga dapat menjadi program belajar tambahan untuk anak-anak yang ada disana. 

Dengan diadakannya buku panduan, pihak panti asuhan dapat meneruskan keberlanjutan program ini secara mandiri.

Dengan diadakannya program ini, dapat menjadi bukti nyata bahwa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini dapat membawa dampak positif bagi mahasiswa maupun masyarakat. 

BACA JUGA:UM Metro Luncurkan Program Desa Digital Sadar Sampah untuk Dukung Bank Sampah Bumi Sai Wawai dan PKBM.

Semoga program-program semacam ini dapat berkelanjutan, sehingga dapat membantu masyarakat dengan segala permasalahannya dan secara tidak langsung dapat membantu menjadikan Indonesia menjadi negara maju dengan potensi pemikiran kritis dari generasi muda Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: