KPK Pastikan Pantau Pembangunan di Lampung Usai Geger TikToker Bima

KPK Pastikan Pantau Pembangunan di Lampung Usai Geger TikToker Bima

Foto: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespon aspirasi TikToker Bima Yudho Saputro, akan ambil tindakan apabila ada laporan proyek pembangunan di Provinsi Lampung yang dibangun kembali rusak dalam kurun waktu yang singkat. Gedung Gedung Merah Putih KP-(MH Naim)-

RADARMETRO - Infrastruktur jalan di Provinsi Lampung menjadi buah bibir di semua kalangan seusai dikritik habis-habisan oleh sejumlah influencer dari media sosial TikTok, salah satunya Bima Yudho Saputro dengan narasi pedasnya 'Lampung Gak Maju-Maju'.

Permasalahan jalan rusak, diendus oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan berjanji akan ikut turun tangan dalam memantau proses pembangunan jalan di Lampung.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, Hal itu dilakukan jika KPK menerima informasi proyek pembangunan jalan kembali rusak dalam kurun waktu tidak lama.

"Itu diduga proyeknya ada yang tidak benar, yang salah satunya mungkin perlu dicurigai ada korupsi," ujarnya di Gedung KPK dilihat dari detik.com pada Minggu (16/4/2023).

Ghufron menegaskan, KPK hanya akan melakukan terkait adanya tindakan pidana korupsi dalam sebuah proyek pembangunan milik pemerintah. Di mana masalah teknis pelaksanaan dikembalikan kepada pemerintah setempat.

"Yang disebut kewenangan KPK itu yang berkaitan dengan proyek-proyek yang dikorup, tapi kalau proyek-proyek yang tidak efektif, kemudian misalnya tidak dilaksanakan sehingga rusak apalagi menjelang mudik begini, itu tentunya masih dalam kerangka program pemerintah," bebernya.

Nurul Ghufron memastikan akan melakukan pemantauan terkait ada atau tidak tindakan dugaan korupsi dalam pembangunan jalan Lampung.


Foto : Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron-(MH Naim)-

BACA JUGA:Arinal Junaidi dengan Kekayaan Rp.22 Miliar Masuk Top 10 Gubernur Terkaya

"Yang begitu-begitu baru KPK akan turun untuk memonitor dulu, karena kalau sudah dilaksanakan berarti penentuan wewenang pelaksanaan yang sudah selesai. Yang begitu mohon juga kepada teman-teman media untuk juga memberikan informasi kalau sekiranya ada hal-hal yang mencurigakan seperti itu," kata dia.

Ortu Bima Pastikan Tak Diintimidasi

Sebelumnya, Bima Yudho Saputro menyebut keluarganya mendapatkan intimidasi setelah videonya yang mengkritik Lampung viral di media sosial. Dia sempat mengunggah foto ibunya yang tengah dimintai keterangan oleh kepolisian.

Ibu Bima, Sringatun, mengatakan kepolisian datang untuk mengklarifikasi sosok Bima yang viral di media sosial (medsos).

"Kejadian tadi siang itu, dari pihak polisi datang ke rumah bukannya apa-apa, dia cuma memastikan bahwa Bima Yudho Saputro itu benar-benar penduduk Desa Ratna Daya RT 1 Dusun 1," kata Sringatun dalam video yang beredar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: