Jelang Pemilu 2024 di Kota Metro, Bawaslu Ingatkan Parpol Soal Kampanye Damai, Money Politic jadi Target Utama

Jelang Pemilu 2024 di Kota Metro, Bawaslu Ingatkan Parpol Soal Kampanye Damai, Money Politic jadi Target Utama

Foto : Bawaslu Kota Metro menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro mengingatkan seluruh partai politik (Parpol) untuk bersama-sama menyukseskan tahapan pemilu 2024 mendatang secara damai.

Ini disampaikan Ketua Bawaslu Kota Metro Badawi Idham usai menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu  2024 di Samber Park Kota Metro, Selasa (21/11/2023).

Ia mengatakan pihaknya telah mengingatkan kepada seluruh parpol untuk melaksanakan tahapan pemilu secara damai. Termasuk tahapan kampanye yang dimulai pada 28 November 2023 mendatang.

"Kita berharap pada semua parpol dan calon bisa berkampanye secara damai dan aman. Kemudian masyarakat berbahagia dengan pesta rakyat 2024," ujarnya.

Karenanya pengawasan juga akan terus dilakukan Bawaslu Kota Metro secara intensif. Ini terutama pengawasan terhadap praktek Money Politic (Politik Uang).

"Bawaslu Kota Metro akan melakukan pengawasan mulai dari tahapan kampanye di awal nanti tanggal 28 November. Untuk money politik itu menjadi prioritas pengawasan Bawaslu," ungkapnya.

Dalam proses pengawasan tersebut, jelasnya, pihaknya telah mengintruksikan kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk bekerja lebih giat.

BACA JUGA:7 Bacaleg dari 6 Parpol Diganti, Cek ini Daftarnya!

"Kita sudah menginstruksikan kepada Panwascam untuk bekerja. Kalau tidak ada laporan, bisa juga lewat temuan. Bawaslu akan bersikap tegas jika menemukan oknum yang melakukan  money politik," tegasnya.

Sementara itu, terkait pengawasan di media sosial, Badawi mengaku akan membentuk kelompok kerja (Pokja) tersendiri. Nantinya Pokja tersebut akan bertugas untuk mengawasi pelanggaran di media sosial.

"Itu nanti ada Pokja tersendiri yang untuk media sosial. Itu masih kita rencanakan pembentukan khusus untuk tim yang memantau soal informasi yang diduga bentuk pelanggaran pemilu," tukasnya.

Sementara itu, Walikota Metro Wahdi yang hadir dalam deklarasi tersebut mengaku sepakat mewujudka pemilu damai 2024 di Kota Metro.

Ia mengaku telah menandatangani Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 bersama fokorpimda dan 18 partai politik (Parpol).

"Alhamdulillah Bawaslu hari ini bersama-sama Pemerintah Kota Metro, kemudian Forkompinda dan 14 partai politik dari 18, sudah menandatangani Deklarasi dan sudah mengucapkan kata-kata Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: