16 Tempat Salat Id Dipersiapkan PDM Metro, Antisipasi Jamaah Dari Luar Muhammadiyah

16 Tempat Salat Id Dipersiapkan PDM Metro, Antisipasi Jamaah Dari Luar Muhammadiyah

Foto: Gedung Pengurus Daerah Muhamadiyah (PDM) Kota Metro di Jalan Diponegoro, Kelurahan Imopuro, Kecamatan Metro Pusat.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Kabar perbedaan pelaksanaan hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, jauh-jauh hari Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Metro telah menyiapkan tempat untuk menampung jamaah selain dari warga Muhammadiyah.

Ketua PDM Metro H Kustono melalui Wakil Kabid Tarjih dan Tabligh Abdurrahim Hamdi mengatakan, pihaknya menyediakan 16 tempat bagi masyarakat yang hendak menjalankan Salat Id pada 21 April 2023.

Hal itu untuk menampung jamaah yang mengikuti keputusan Arab Saudi dalam menentukan 1 Syawal 1444 Hijriah pada 21 April 2023.

"Karena sekarang ini selain Muhammadiyah, kemungkinan ada orang-orang yang lebarannya cenderung mengikuti Arab Saudi itu juga akan banyak yang Salat Id di hari Jumat," ujar Abdurrahim Hamdi saat dihubungi pada Selasa (18/4/2023).

Ia mengatakan, untuk masing-masing tempat dilangsungkannya Salat Id akan dikelola oleh Pimpinan Cabang Muhamadiyah maupun Ranting.

"Semuanya memang sudah dipasrahkan, seperti penunjukan Imam dan khotib ada yang dikelola oleh cabang dan ada yang dikelola oleh ranting, tapi rata-rata dikelola oleh pimpinan ranting Muhammadiyah," ungkapnya.

Sementara itu, kata Hamdi, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jamaah di 16 lokasi Salat Id 2023, PDM Metro juga telah melontarkan surat perizinan dan bantuan keamanan kepada pihak kepolisian setempat.

"Proses persiapan kalau dari PDM Metro sudah menyampaikan pemberitahuan ke Polres. Memang semua cabang itu sudah difasilitasi oleh PDM untuk pemberitahuannya ke Polres, jadi cabang-cabang tidak perlu lagi ke Polsek gitu," bebernya.

BACA JUGA:Daftar 16 Lokasi Salat Idulfitri Muhammadiyah 21 April 2023 di Metro

Ia juga mengatakan, akan ada 8.000 orang yang akan menjalankan Salad Id pada 21 April mendatang, di mana mayoritas jamaah merupakan warga Muhammadiyah. 

Namun pihaknya tidak menutup kemungkinan adanya masyarakat dihari yang sama turut merayakan Idulfitri bersamaan dengan Muhamadiyah. 

Untuk mengantisipasi lonjakan jamaah yang hadir, ia juga mengimbau agar masing-masing jamaah membawa sajadah.

"Insya Allah semuanya masih bisa nampung, karena kan di tanah lapang, juga karpetnya pun sudah diperkirakan untuk jamaah yang banyak, kalaupun (karpet) kurang panitia tetap menyarankan membawa sajadah sendiri," imbuhnya.

Sementara itu, PDM juga menyiapkan kantong parkir yang nantinya akan diawasi oleh petugas dari panitia serta kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: