Pemkab Mesuji Salurkan Bantuan Alat Penunjang Usaha Budidaya Ikan

Pemkab Mesuji Salurkan Bantuan Alat Penunjang Usaha Budidaya Ikan

Foto: penyerahan bantuan-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO, MESUJI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melalu Dinas Perikanan salurkan bantuan alat penunjang usaha dan budidaya ikan ke masyarakat, Kamis (21/12/2023).

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Mesuji Syamsudin didampingi Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji Ripriyanto bersama jajarannya di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Brabasan.

Sekda Syamsudin dalam sambutannya menyampaikan bantuan yang diberikan itu sebagai bentuk perangkat kelompok perikanan untuk mengembangkan usahanya.

"Jadi bantuan yang diberikan pemerintah daerah ini harapannya kelompok usaha pengolahan ikan dan kelompok budidaya ikan ini bisa masuk dan berkembang," ujarnya.

Jangan sampai kata dia, bantuan yang diberikan ini hanya sekedar pemberian tanpa dampak yang berarti bagi pengembangan usaha.

Ia juga mengingat kepada Kelompok Pengolah dan Pemasaran Hasil Perikanan (Poklasar) serta Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) dalam menjalankan usahanya harus kompak.

Karena dibentuknya Poklasar dan Pokdakan memiliki tujuan yang sama.

"Ini kan bentuknya kelompok, jadi jangan didominasi oleh satu orang dan tujuan dibentuknya kelompok  dalam rangka keguyuban bersama," ungkapnya.

BACA JUGA:Kunjungi Mesuji Gubernur Lampung Beri Bantuan Pada Masyarakat

Kemudian, ungkap Syamsudin bantuan yang diberikan itu sebagai salah satu upaya untuk memajukan sektor perikanan di Kabupaten Mesuji.

Bahkan, Syamsudin sangat menginginkan Kabupaten Mesuji bisa mengulang kejayaannya yang terkenal akan hasil ikan air tawar.

Dijelaskan Syamsudin, pemberian bantuan alat penunjang kepada Pokdakan dan Poklasar ini nantinya akan ada evaluasi dan penilaian.

Untuk melihat sejauh mana perkembangan dan kemajuan Pokdakan dan Poklasar dalam menjalankan usahanya.

"Sebab saya sangat berharap bantuan ini berdampak positif bagi perekonomian di Kabupaten Mesuji, ya minimal bisa berdampak pada ketahanan keluarga kelompok hingga baru berlanjut ke tingkat desa," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: