Perkuat Sinergitas Antar CJS Jelang Pemilu 2024, AKBP James Sambangi Kantor Kejaksaan

Perkuat Sinergitas Antar CJS Jelang Pemilu 2024, AKBP James Sambangi Kantor Kejaksaan

Foto: Kapolres saat berkunjung ke kantor Kejaksaan Negeri Tulangbawang.-(Sopian)-

RADARMETRO - Guna memperkuat sinergitas antar criminal justice system (CJS) menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Kapolres Tulangbawang, Polda Lampung, AKBP James H Hutajulu dengan didampingi PJU Polres menyambangi kantor Kejaksaan Negeri Tulangbawang, Jumat (12/01/2024).

Pada lawatan perdananya ini, Kapolres beserta rombongan tiba di sana, ternyata memang sudah ditunggu dan dinantikan oleh Kajari Tulangbawang, Devi Freddy Muskitta bersama para PJU Kejaksaan Negeri Tulangbawang.

"Saya sebagai orang baru di kabupaten yang berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur sudah selayaknya untuk memperkenalkan diri dengan unsur CJS, apalagi saat ini sedang berlangsung tahapan kampanye pada pemilu serentak tahun 2024," kata AKBP James.

BACA JUGA:Wujudkan Pemilu Aman dan Damai, Kapolres Tulangbawang Inisiasi Program Ini

Menurutnya, sinergitas yang sudah terjalin dengan sangat baik selama ini mesti diperkuat, sehingga ke depannya akan semakin mempermudah dalam berkoordinasi, terutama bila ada kasus yang menjadi atensi bersama selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024.

"Bila sudah saling mengenal dengan baik, maka tidak akan terjadi timbulnya ego sektoral di dalam CJS karena yang diutamakan adalah proses penegakan hukum secara profesional dan proporsional guna memberikan kepastian hukum yang berkeadilan," papar perwira peraih Adhi Makayasa Akpol 2004.

Kapolres menambahkan, kepolisian, kejaksaan, dan Bawaslu merupakan tiga lembaga yang tergabung dalam penegakkan hukum terpadu (gakkumdu) untuk menangani perkara terkait adanya dugaan pelanggaran yang terjadi selama berlangsungnya tahapan Pemilu 2024.

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Sat Binmas Polres Mesuji Lakukan Cooling System di Kecamatan Way Serdang

"Hubungan yang terus harmonis antar CJS tentunya akan berimbas pada legitimasi dalam penegakan hukum, sehingga masyarakat nantinya akan merasa puas atas kinerja yang telah dilakukan secara bersama-sama. Selain itu, segala hambatan yang terjadi akan dengan cepat bisa terurai," imbuh perwira dengan melati dua di pundaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: