UM Metro Gandeng Pazmany Peter Catholic University dalam Penelitian Internasional

UM Metro Gandeng Pazmany Peter Catholic University dalam Penelitian Internasional

Foto: Dua dosen UM Metro yang luar biasa.-(Fenny)-

RADARMETRO - Dua dosen Pendidikan Bahasa Inggris dari Universitas Muhammadiyah Metro, Dedy Subandowo, M.A., dan Fenny Thresia, M.Pd., telah memulai sebuah penelitian internasional yang menarik berjudul "Strategi Efektif Menulis Akademik Dalam Bahasa Inggris: Perspektif Mahasiswa Indonesia Di Hungaria."

Ketua peneliti, Dedy Subandowo, M.A., menjelaskan bahwa penelitian ini akan berfokus pada strategi menulis esai akademik dalam Bahasa Inggris oleh mahasiswa pascasarjana Indonesia yang sedang menempuh studi Pendidikan di Hungaria di Fakultas Sosial dan Sains. 

Penelitian ini memiliki tiga pertanyaan utama dengan fokus pada strategi menulis esai pada proses di awal, tengah, dan di akhir penulisan. 

Rentang waktu penelitian ini direncanakan dari bulan Maret hingga Juni 2024.

Fenny Thresia, M.Pd., menambahkan bahwa penelitian ini melibatkan lima perguruan tinggi di Hungaria dan bekerja sama dengan Pazmany Peter Catholic University, salah satu kampus ternama di negara tersebut. 

BACA JUGA:Kencangkan Internasionalisasi Kampus, Tiga Dosen UM Metro Gagas Pengabdian Internasional di Thailand

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana mahasiswa Indonesia yang sedang studi Pendidikan master di Hungaria menerapkan strategi menulis esai dalam Bahasa Inggris, dibandingkan dengan mahasiswa Indonesia yang sedang studi di negara lain.

Rektor Universitas Muhammadiyah Metro, Dr. Nyoto Suseno, M.Si., memberikan apresiasi yang tinggi kepada kedua dosen Pendidikan Bahasa Inggris atas pencapaian mereka. 

Ini merupakan kali pertama Universitas Muhammadiyah Metro terlibat dalam hibah penelitian internasional, dan hasil seleksi telah diumumkan pada tanggal 29 Januari 2024.

Dr. Nyoto Suseno, M.Si., menyatakan bahwa harapannya adalah penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif, baik dari segi praktik menulis akademik maupun teori strategi menulis bagi pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) atau Bahasa Kedua (ESL). 

BACA JUGA:FEB UM Metro Jalin Kerjasama dengan OJK Provinsi Lampung

Penelitian ini diharapkan dapat melibatkan aspek strategi kognitif, metakognitif, sosial, dan afektif dalam proses menulis akademik.

Semoga hasil penelitian ini dapat menjadi sumbangan berharga dalam pengembangan metode pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: