Keren, Pemilihan Ketua OSIS SMA Yos Sudarso Metro Berlangsung Layaknya Pemilu Presiden

Keren, Pemilihan Ketua OSIS SMA Yos Sudarso Metro Berlangsung Layaknya Pemilu Presiden

Foto: Siswa dan dewan guru saat menyalurkan hak pilihnya dalam pemiliham Ketua OSIS SMA Yos Sudarso Metro.-(Hermansyah Albantani)-

RADARMETRODemokratis merupakan kata yang cocok untuk menggambarkan internal di SMA Yos Sudarso Metro

Salah satu bentuk demokratis yang dilakukan di SMA Yos Sudarso Metro adalah saat pemilihan ketua OSIS tahun ini. 

Tidak main-main, dalam proses pemilihan ketua OSIS ini, diberikan waktu kampanye, debat, ada pemungutan suara, layaknya pemilihan umum kepala daerah atau presiden. 

Ada waktu satu bulan yang diberikan kepada setiap pasangan calon untuk mempersiapkan diri, baik itu untuk seleksi, kampanye, dan debat untuk meyakinkan konstituennya sebelum masuk ke masa pemilihan. 


--

Bahkan tidak ada pembatasan berapa anak yang bisa mencalonkan diri, yang tentunya melalui tahapan-tahapan seleksi yang ketat. 

Jika memang lolos, pasangan calon itu bisa maju ke tahap selanjutnya untuk ikut kampanye, debat, dan pemilihan. 

“Sebelumnya ada enam pasangan calon yang akan maju. Tapi tersisa empat pasangan calon karena yang dua tidak lolos persyaratan administrasi. Karena semua pasangan calon juga diseleksi ketat oleh kepala sekolah sebelum maju ke tahap selanjutnya. Kita ada waktu satu bulan untuk masa kampanye, debat, sebelum pencoblosan. Jadi memang seperti masa pemilu seperti itu,” ujar Vincensius Jajang Raharjo salah satu dewan guru SMA Yos Sudarso Metro yang bertanggungjawab dalam proses pemilihan ketua OSIS baru ini, Senin (29/01/2024). 

Vincensius Jajang Raharjo mengatakan, pemilihan yang demokratis semacam ini merupakan salah satu cara SMA Yos Sudarso Metro untuk memberikan edukasi kepada siswa. 


--

BACA JUGA:Ikuti Pra Seleksi, SMA Yos Sudarso Kota Metro Dorong Siswa Lolos Paskibraka

Sehingga siswa tidak lagi awam dalam proses pemilihan umum yang nantinya dalam kehidupan bermasyarakat akan menjadi periodisasi berulang baik itu pemilihan legislatif, kepala daerah, maupun presiden. 

“Jadi anak-anak nanti tidak apatis terhadap proses demokratis memilih pemimpin. Mereka paham tahapan-tahapannya dan seperti apa teknisnya, walau dalam skala yang lebih kecil yakni di sekolah, tapi kurang lebih sama,” jelasnya. 

Sementara itu, Ignatia Dwi Magna, Ketua OSIS SMA Yos Sudarso Metro periode sebelumnya yang juga menjadi salah satu panitia mengatakan, proses pemilihan Ketua OSIS SMA Yos Sudarso Metro ini berjalan lancar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: