Pengawas TPS Ujung Tombak Pemilu Bersih, Ketua PWI Tubaba: Media Mengawasi!

Pengawas TPS Ujung Tombak Pemilu Bersih, Ketua PWI Tubaba: Media Mengawasi!

Foto: Bimtek PTPS Tubaba-(Rusman)-

RADARMETRO - Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) menjadi pilar utama dalam memastikan jalannya proses demokrasi yang bersih, jujur, dan adil dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada 14 Februari mendatang. 

Dalam sebuah bimbingan teknis yang diselenggarakan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tumijajar, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) pada Sabtu (3/2/2024) di Tiyuh (Desa) Makarti, Ketua PWI Tubaba, Dedi Priyono, S.H, menekankan pentingnya integritas dan tanggung jawab PTPS sebagai sorotan utama.

"Pemilu yang akan berlangsung serentak merupakan momen di mana rakyat berhak atas kebebasan demokrasi untuk memilih calon DPR, DPD, dan DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pengawas TPS menjadi garda terdepan dalam menjaga integritas dan kejujuran demokrasi," ujar Dedi Priyono di hadapan 131 Pengawas TPS se-Kacamatan Tumijajar. 

Ketua PWI Tubaba itu menegaskan larangan keras terhadap upaya PTPS yang bertugas untuk memengaruhi atau mengintimidasi pemilih dalam menentukan pilihannya.

BACA JUGA:Pj Bupati Tubaba Lepas Penyaluran Beras Bulog Tahap Pertama

"Integritas dan ketaatan pada ketentuan dijadikan landasan utama bagi setiap PTPS dalam menjalankan tugas untuk menegakkan Demokrasi yang bersih dan jurdil," kata Dedi. 

Menurutnya, meskipun jumlah Pengawas Tempat Pemungutan Suara tidak sebanding dengan jumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Dedi menegaskan, setiap PTPS memiliki peran penting dalam mengawasi dan memastikan keberlangsungan proses demokrasi yang transparan.

"Pengawas TPS juga harus bijak menggunakan teknologi digital, terutama media sosial, dalam mengawasi pergerakan yang berkaitan dengan Pemilu 2024," kata Dedi. 

Ia berharap setiap PTPS dapat memvisualisasikan hal-hal yang mengarah pada potensi kecurangan, seperti politik uang, intimidasi, dan sebagainya, serta berkoordinasi dengan pengawas diatasnya dan juga  melibatkan media untuk mendukung kerja Panwas jika diperlukan. 

"Media-media pers juga akan ikut mengawasi kerja-kerja penyelenggara pemilu. Jika KPPS, PPS diawasi oleh Panwas Desa dan PTPS, semua unsur penyelenggara itu juga akan diawasi oleh Jurnalis atau media pers sebagai pengawas partisipatif," ujar Dedi.

Seluruh PTPS diharapkan menjadi garda terdepan dalam menjaga integritas dan kejujuran demokrasi, menjadi harapan utama dalam mewujudkan proses pemilihan umum yang bersih bagi seluruh rakyat.

BACA JUGA:TAF Masuk 110 KEN 2024, Pj Bupati M. Firsada : Tubaba Akan Jadi Pangung Seni Budaya Nasional dan Mendunia

"Oleh karena itu dalam menjalankan tugasnya, PTPS harus cerdas, tegas, berintegritas, dan bersikap adil demi terwujudnya Pemilu 2024 yang bersih, jujur, dan adil, serta menjalankan fungsi sesuai ketentuan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: