Diskeswan Tubaba Adakan Sekolah Lapang Guna Tingkatkan Produktivitas Hewan Ternak

Diskeswan Tubaba Adakan Sekolah Lapang Guna Tingkatkan Produktivitas Hewan Ternak

Foto: Sosialisasi sekolah lapang pembibitan di Tubaba.-(Rusman)-

RADARMETRO - Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Diskeswan) mengadakan Sekolah Lapang Perbibitan Hewan Ternak Ruminansia (sapi dan kambing) di Tiyuh/Desa Toto Katon, Kecamatan Batu Putih, Selasa (20/02/2024).

Kepala Diskeswan Tubaba Nazaruddin diwakili Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Ternak Devita mengatakan, tujuan sekolah lapang perbibitan hewan ternak ruminansia ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak melalui perbibitan ternak yang baik sebagai upaya dalam meningkatkan Produksi dan produktivitas ternak.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah guna memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peternak dalam meningkatkan produksi dan produktivitas ternak di Kabupaten Tubaba," ujar Devita.

Sekolah lapang perbibitan ini, lanjut Devita, diisi dengan kegiatan pemaparan materi oleh dua narasumber, praktek pembuatan pakan, dan diskusi yang diikuti oleh 50 peserta.

BACA JUGA:Atasi Kenaikan Harga Beras, Ini Langkah Perum Bulog Sub Divre Lamteng!

"Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Gilang Setia Aji Wulandaru, S.Pt (SMKN 1 Tulang Bawang Tengah) dengan materi Pakan Ternak Ruminansia dan Pembuatan Complete Feed, dan Heri Yusmargana S.Pt (SMKN 1 Pekalongan, Lampung Timur/Direktur Utama PT. Arta Agro Makmur) dengan materinya yakni Budidaya Ternak Ruminansia (Pemilihan Bibit dan Manajemen Kandang)," sebutnya.

"Total yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 50 peserta, yang terdiri dari Kelompok Tani Bina Tani, Tiyuh Toto Katon, Kecamatan Batu Putih (15 Orang), Karang Taruna Dwi Karya, Tiyuh Toto Katon, Kecamatan Batu Putih (15 orang), Inseminator Tulangbawang Barat (10 orang), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Tulang Bawang Barat (10 orang)," tambah Devita.

Dia berharap, melalui sekolah lapang perbibitan tersebut para peternak dapat menerapkan pedoman pembibitan ternak yang baik, serta dapat menerapkan teknologi pakan dengan memanfaatkan sumberdaya pakan yang ada di Kabupaten Tubaba.

BACA JUGA:Kapolres Tulangbawang Bagikan Bingkisan kepada Petugas Pengamanan di PPK

"Kegiatan ini menjadi langkah positif dalam memajukan sektor peternakan, peningkatan pendapatan bagi para peternak, para peternak juga dapat meningkatkan kualitas pembibitan ternak dan mengoptimalkan produksi dan produktivitas ternak di Kabupaten Tubaba,

sehingga Tubaba dapat menjadi sentra kawasan ternak ruminansia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: