Sekda Mesuji Pimpin Kegiatan Seleksi Pembentukan Paskibraka Tahun 2024

Sekda Mesuji Pimpin Kegiatan Seleksi Pembentukan Paskibraka Tahun 2024

Foto: Sekda Mesuji Pimpin Kegiatan Seleksi Pembentukan Paskibraka Tahun 2024-(Nara J Afkar)-

RADARAMETRO - Pemerintah Kabupaten Mesuji mengadakan seleksi Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Bertempat di Balai Desa Gedung Mulya, kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin.S.Sos., yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Pembentukan Pasukan Paskibraka Mesuji tahun 2024.

Dalam arahannya, Syamsudin memaparkan, sejak Tahun 2022 Paskibraka atau kepaskibrakaan lebih dari sekedar sebuah kegiatan. Namun merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh pemerintah secara berjenjang dari tingkat Kabupaten, Provinsi, sampai dengan tingkat pusat dalam rangka memperoleh bibit-bibit pemuda unggulan. 

"Harapannya adalah, ke depan akan tersedia generasi muda Indonesia yang tangguh, cerdas, terampil, serta berkarakter pancasila. Karena itu lah pembentukan paskibraka saat ini terasi sangat ketat dengan aturan-aturan dan syarat-syarat yang mengikat,"Kata Syamsudin, kamis (29/02/2024).

Sementara ditempat yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mesuji, Taufik Widodo menyampaikan, pembentukan Paskibraka ini terdiri dari 2 (dua) tahapan, yaitu: 

1.Tahap Seleksi (seperti yang berlangsung hari ni sampai dengan minggu kedua Maret), yang meliputi; Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes  Kesehatan dan parade, Tes PBB dan kesamaptaan, serta Tes Kepribadian.

BACA JUGA:Ini Lowongan Seleksi Terbuka 6 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Yang Di gelar Pemkab Mesuji


--

2.Tahap Pendidikan dan Pelatihan, yang akan dilaksanakan pada awal bulan agustus 2024.

Menurut Taufik, bagi calon peserta yang nantinya lulus seleksi ini sampai dengan tahap akhir, maka akan diikutsertakan dalam DIklat yang materinya tidak hanya praktik PBB dan Pengibaran Bendera. Namun juga materi-materi yang sifatnya menambah pengetahuan dan wawasan kebangsaan.

Dan selanjutnya akan menjalankan tugas pengibaran bendera merah putih pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2024 dan tugas pengibaran bendera merah putih pada Hari Lahir Pancasila tahun depan (tanggal 1 Juni 2025).

"Tidak hanya itu, setelah dipurnakan nanti, maka Anggota Paskibraka akan dikutsertakan menjadi Purna Paskibraka Duta Pancasila,"jelas Taufik.

Masih dikatakan Taufik, pihaknya menjamin 100 persen, bahwa proses seleksi Paskibraka yang sedang dilaksanakan ini, fair sesuai aturan dan petunjuk teknis yang telah ditetapkan secara terpusat oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Dalam proses seleksi ini, kami jamin 100% fair sesuai aturan dan petunjuk teknis yang telah ditetapkan secara terpusat oleh BPIP. Karena itu, tidak ada istilah titip-titipan dari pihak-pihak atau tokoh-tokoh tertentu. Dan jika ada diantara peserta yang mencoba untuk meminta bantuan melalui pihak-pihak tertentu agar diluluskan dalam seleksi ini, maka akan kami abaikan dan akan menjadi catatan merah bagi peserta yang bersangkutan," Tegasnya.

BACA JUGA:Tak Sengaja Bertemu Kapolres Mesuji, Mbah Radikun Dapet Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: