Dugaan Money Politik Berjubah Tali Asih, Tim Caleg Minta Uang Kembali Rampas Aset

Dugaan Money Politik Berjubah Tali Asih, Tim Caleg Minta Uang Kembali Rampas Aset

Photo Dok Kalikatur Google.-(Dirman)-

RADARMETROMoney politik tampaknya telah menjadi tradisi buruk di era reformasi pasca orde baru. Bahkan, para oknum tersebut tidak segan segan untuk meminta uangnya kembali jika suara tidak terpenuhi. 

Sama halnya yang dilakukan oleh oknum tim satu diantara calon Legislatif (Caleg) terpilih inisial S, modus berjubah tali asih, mereka minta uang kembali bahkan merampas paksa aset korban, lantaran perolehan suara oknum terkait pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu tidak mencukupi target

Berdasar informasi dihimpun translampung.Id, dugaan perampasan aset tersebut dilakukan kepada Sr (50), salah satu warga Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, yang merupakan koordinator tim sukses (TS) Caleg tersebut. 

Menurut Sr, dirinya dipercaya mengkoordinir suara oknum Caleg tersebut, dan menjadi koordinator tingkat Tiyuh (Desa) untuk mengkondisikan suara sebanyak 588 orang melalui proses pendataan.

BACA JUGA:Intimidasi Pekerja PT SIP, Satu Warga Buay Merucung Ditangkap Polisi

Kemudian, 588 orang tersebut diberikan uang masing-masing 150 ribu. Melalui dirinya, dua tahap total 87 juta, namun dari pengkondisian 588 itu, hanya dapat suara 155 saja.

“Karena perolehan suara tidak sesuai target, pada 23 Februari 2024 lalu, Dua oknum utusan Caleg itu datang meminta peralatan speaker dan saya harus mengembalikan uang yang telah diberikan minimal sebagian.

Karena saya tidak mampu mengembalikan uang, hari itu juga mereka membawa sapi di kandang saya” Kata Sr kepada translampung.Id di kediamannya pada (1/3/2024) kemarin. 

Kata dia, uang sebesar 87 juta yang dititipkan terhadap dirinya, sebelumnya tidak ada perjanjian kesepakatan hutang piutang untuk dikembalikan. Bahkan, uang tersebut telah di salurkan kepada warga yang terdata sesuai permintaan Caleg. 

“Saya dipaksa oleh dua orang oknum utusan Caleg itu untuk tanda tangan surat pernyataan yang mereka buat, dengan perjanjian 7 hari harus dikembalikan dan katanya minimal sebagian” Jelasnya. 

Hal senada disampaikan J (55) juga selaku TS, dirinya mengaku mendapat perlakuan yang sama untuk mengembalikan aset berupa speaker yang telah diberikan oleh oknum Caleg untuk ibu-ibu senam selama ini.

BACA JUGA:Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 di Tingkat Kabupaten

“Pemilu 2024 ini saya dipercaya Caleg S, mengkondisikan 141 orang. masing-masing per orang Rp.150 ribu juga. Namun, dari jumlah 141 itu kalau tidak salah hanya separuhnya saja yang milih Caleg itu” Kata J.

Sementara itu, oknum Caleg terkait Inisial S saat dikonfirmasi Via telepon pada (2/3/2024) mengaku tidak mengetahui informasi yang beredar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: