Pemprov Lampung Berhasil Menekan Angka Kemiskinan, Tiga Terbesar di Indonesia

Pemprov Lampung Berhasil Menekan Angka Kemiskinan, Tiga Terbesar di Indonesia

Foto: Ilustrasi kemiskinan masyarakat di Provinsi Lampung.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Menurut Data Badan Pusat statisti (BPS) terbaru, provinsi Lampung saat ini berada pada posisi keempat dengan jumlah penduduk termiskin di Sumatera dan berhasil menurunkan kemiskinan dengan angka terbesar ketiga di Indonesia.

Sementara Sumatra Selatan, tergeser pada peringkat ketiga. Sebelumnya, Sumatera selatan berada pada posisi keempat.

Provinsi Lampung berhasil dalam menurunkan tingkat angka kemiskinan yang terjadi Sumatera. Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) terakhir, September 2022, jumlah penduduk miskin di Provinsi Lampung sebesar 11,44 persen atau sebanyak 995.590 jiwa. Sedangkan Sumatera Selatan sebesar 11,9 persen atau sebanyak 1.054.990 jiwa

Melihat Data BPS ini maka Lampung bukanlah Provinsi termiskin di Sumatera. Secara prosentase provinsi termiskin di Sumatera adalah Aceh, lalu Bengkulu, kemudian Sumsel, barulah Provinsi Lampung.

Provinsi Aceh memiliki tingkat kemiskinan sebanyak 14,75 persen. Lalu Bengkulu 14,34 persen. Sumsel 11,95 persen. Dan Provinsi Lampung 11,44 persen.

Keberhasilan Provinsi Lampung menekan angka tingkat kemiskinan hingga berhasil menggeser Sumatera Selatan, patut mendapatkan apresiasi.

BACA JUGA:Terimakasih Rektor Jazim, Selamat Bertugas Rektor Baru UM Metro

Misalnya dari jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). APBD Sumsel Tahun 2022 sebesar Rp10,1 triliun. Sedangkan APBD Provinsi Lampung Tahun 2022 jauh di bawah Sumsel, yakni hanya Rp6,75 triliun.

Demikian juga soal PBRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto), Sumsel jauh lebih besar dari Provinsi Lampung . 

Data terbaru dari BPS, PDRB Sumsel tahun 2022 atas dasar harga berlaku sebesar Rp 591,6 triliun. Sedangkan Provinsi Lampung jauh dari itu. 

Juga soal pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan Tahun 2022 di atas Provinsi Lampung. Tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan tumbuh 5,23 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung Tahun 2022 hanya sebesar 4,28 persen. 

Keberhasilan Provinsi Lampung menekan angka kemiskinan ini tidak lepas dari kebijakan yang di gariskan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Semua program program pembangunan Pemprov mesti didasarkan pada apa yang di butuhkan oleh masyarakat Lampung.

"Saya selalu tekankan pada jajaran saya, bahwa bangunlah apa yang di butuhkan oleh rakyat. Bukan apa yang kita inginkan," ujarnya.

Menurut gubernur, dengan anggaran yang sangat terbatas, maka pemerintah provinsi mesti di gunakan secara baik dan harus di gunakan secara efisien dan tepat sasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: