Deteksi Masalah Sejak Dini, Pemkab Mesuji Gelar Rapat Wasdin

Deteksi Masalah Sejak Dini, Pemkab Mesuji Gelar Rapat Wasdin

Foto: Deteksi Masalah Sejak Dini, Pemkab Mesuji Gelar Rapat Wasdin -(Nara J Afkar)-

RADARMETRO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan rapat kewaspadaan dini di daerah sekaligus pengawasan aliran kepercayaan dan aliran keagamaan di masyarakat periode 1 tahun 2024. Bertempat di ruang rapat Ja'o komplek perkantoran Pemda Mesuji, Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji, Selasa (19/03/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kajari Mesuji, perwakilan dari Polres Mesuji, Kodim 0426, Tokoh Keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), BIN, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Sosial, Sat Pol PP, Dinas PMD, BPBD.

Rapat tersebut juga melibatkan dua unsur yakni Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah (TKDPD) merupakan unsur dari Pemerintah dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) merupakan gabungan dari unsur masyarakat.

BACA JUGA:Kapolres Mesuji Hadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ke-60

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Mesuji Taufik Widodo menyampaikan permohonan maaf dari Penjabat Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mesuji, yang berhalangan hadir karena memimpin agenda Safari Ramadhan tim 1 dan 2 Pemkab Mesuji.

Dijelaskan Taufik, Rapat Kewaspadaan Dini Daerah ini, menjadi tugas utama dan khusus untuk mendeteksi dini potensi-potensi Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG). Khususnya, di Kabupaten Mesuji, termasuk dalam hal Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan di Masyarakat (PAKEM). 

"Karena itu sangat diperlukan koordinasi dan kerjasama lintas sektoral (Cross Cutting) yang baik oleh kita semua, seperti TNI, POLRI, Kejaksaan, Pemkab, dan Unsur Masyarakat lainnya,"kata Taufik.

Masih dikatakan Taufik, Untuk itu, sharing informasi, komunikasi, dan kerjasama menjadi WAJIB dilakukan. Tujuannya adalah, agar pengambilan keputusan/kebijakan yang sifatnya harus cepat dan melibatkan para pimpinan daerah (FORKOPIMDA).

BACA JUGA:Granat Mesuji Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Mesuji Timur

"Kita sangat menyadari, bahwa jumlah personil di Pemkab Mesuji sangat terbatas, demikian pula teman-teman kejaksaan personilnya terbatas. Sehingga dalam memperoleh bahan keterangan (BAKET) atau informasi di lapangan menjadi hambatan tersendiri. Untuk itu diharapkan rekan-rekan TNI, POLRI, BIN, serta unsur masyarakat yang tergabung dalam Forum Kewaspadaan Dini Daerah (FKDM) dapat saling membantu. Karena Semakin Cepat dan Akurat Informasi yang dikomunikasikan dan dikoordinasikan bersama maka ATHG di Kabupaten Mesuji dapat lebih terminimalisir,"Imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: