Kapolres Mesuji Hadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ke-60

Kapolres Mesuji Hadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ke-60

Foto:Kapolres Mesuji Hadiri Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung ke-60-(Nara J Afkar)-

RADARMETRO - Jajaran Forkopimda Kabupaten Mesuji menggelar upacara dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Lampung yang ke-60 Tahun 2024.

Upacara ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Mesuji, Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Mesuji, Selasa (19/03/2024).

Kegiatan upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung -60 Tahun 2024 ini dengan tema "Harmoni Dalam Kolaborasi untuk Lampung Berjaya" dengan selaku Inspektur upacara Pj Bupati Mesuji, Dr. Drs. Sulpakar.MM.

Dalam amanat Inspektur upacara dibacakan oleh Pj Bupati Mesuji Dr. Drs. Sulpakar M.M mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Mesuji mengucapkan selamat dan dirgahayu kepada seluruh masyarakat Lampung, serta Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan masyarakat di Seluruh Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 1964 yang kemudian menjadi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1964. Pada awal pembentukan dibagi menjadi 4 (empat) wilayah administrasi, yaitu Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Selatan, dan Kotapraja Tanjungkarang- Telukbetung. Sampai dengan saat ini, Provinsi Lampung terbagi ke dalam 13 (tiga belas) Kabupaten dan 2 (dua) Kota.

"Tema hari jadi tahun ini adalah “Harmoni Dalam Kolaborasi Untuk  Lampung Berjaya". Sejalan dengan tema tersebut, saya berharap ke depan seluruh elemen masyarakat Lampung dapat terus bersinergi hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Sehingga kita dapat bersama sama terus mengukir prestasi demi kesejahteraan masyarakat, menuju Lampung maju dan berjaya," kata Sulpakar.

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 1 Gisting Kebakaran, Kepsek: ”Murid Tetap Ujian Mid Semester”

Sulpakar menyampaikan, pada kesempatan ini dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota Forkopimda, karena sudah terbangunnya hubungan harmonis di Provinsi Lampung. 

Hal ini terbukti dari Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung Pada Tahun 2023 meraih angka kinerja 73,3 yang mengindikasikan kondisi kerukunan umat beragama saat ini dalam kondisi yang baik dimana tercipta kondisi yang aman dan rukun.

Dan Nilai Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Lampung meraih angka kinerja 78.32 yang menandakan bahwa demokrasi sudah berjalan dengan sangat baik di Provinsi Lampung.

Serta Indeks Pembangunan Kebudayaan (IPK) Tahun 2023 Provinsi Lampung juga berhasil melampaui capaian nasional dengan angka 55,71 dimana capaian nasional adalah

sebesar 55,13. Hal ini menjadi gambaran kemajuan pembangunan kebudayaan di Provinsi Lampung.

"Usia ke-60 memiliki makna yang penting karena menunjukkan bahwa Provinsi Lampung telah berusia cukup matang dan memiliki sejarah yang panjang dalam membangun dan mengembangkan wilayahnya.

Di usia ini Provinsi Lampung diharapkan telah memiliki pondasi yang kuat dalam hal infrastruktur, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: