Lucky Hakim Kebingungan Ada Salam Ala Yahudi di Ponpes Al-Zaytun

Lucky Hakim Kebingungan Ada Salam Ala Yahudi di Ponpes Al-Zaytun

Foto: Terlihat wajah bingung Lucky Hakim saat diminta Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang untuk mengikuti salam yang diketahui tak sesuai ajaran agama Islam yang mereka menyebutnya 'Salam Kristen'.-(MH Naim)-

RADARMETRO - Salah satu unggahan Pondok Pesantren atau Ponpes Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat, memperlihatkan sosok Lucky Hakim turut ikut serta mengucapkan 'Salam Kristen' khas Ponpes tersebut.

Dalam unggahan Instagram @say.kocak pada Minggu, 7 Mei 2023 lalu memperlihatkan pengasuh Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang yang memimpin para audience mengucapkan 'Salam Kristen'. Sontak ajaran tersebut diikuti semua orang yang hadir.

Salam Kristen yang dimaksud Panji yakni sebagai bentuk ucapan yang ditujukan kepada para umat Kristiani dengan melafalkan "havenu shalom aleichem" dengan nada bernyanyi.

"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita havenu shalom aleichem, dalam bentuk bernyanyi. Silahkan berdiri, karena ini satu suro," ujar Panji Gumilang dalam video yang diunggah.

Dengan adanya wajah Lucky Hakim di video tersebut, ia langsung memberikan klarifikasi diberbagai platfrom media sosial melalui kolom komentar. Belakangan ini Lucky Hakim secara khusus juga memberikan klarifikasi melalui akun Instagram peribadinya.

BACA JUGA:Keanehan Ponpes Al-Zaytun Indramayu: Tatacara Salat Hingga Ajaran Salam Kristen

Lucky Hakim menegaskan keberadaannya di Ponpes Al-Zaytun itu pada tahun 2022 lalu. Saat ia menjadi Wakil Bupati Indramayu dan itu kali kedua dirinya ke Ponpes Al-Zaytun.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Saya ingin menjawab pertanyaan yang banyak, jadi saya jawab langsung di sini terkait tentang kehadiran saya di pondok pesantren Al-Zaytun. Itu terjadi tahun yang lalu, saya datang dua kali," ujar Lucky Hakim melalui akun Instagram @luckyhakimofficial yang dilihat pada Minggu (14/5/2023).

Awal kali ia berkunjung ke ponpes tersebut tidak menemukan kejanggalan. Lalu pada kedatangan kali keduanya ke Ponpes Al-Zaytun, Lucky yang diundang sebagai Wakil Bupati Indramayu, mengaku dalam rangka silaturahmi untuk melihat peternakan, pertanian modern, pembuatan kapal, serta program para santri dalam berwirausaha.

Selain menengok berbagai bidang pendidikan yang ada di sana, pada kedatangan Lucky Hakim yang kedua itu juga bertepatan dengan peringatan satu suro. Sehingga dirinya sebagai Wakil Bupati Indramayu diberikan tempat paling depan sekaligus menyampaikan beberapa patah kata di acara peringatan satu suro Ponpes Al-Zaytun.

"Ada kegiatan dan ada peringatan satu suro. Lalu ada khataman Al Quran dan saya sempat dikasih kesempatan untuk bicara juga," terang Lucky Hakim.

Lucky Hakim mengatakan dirinya baru menyadari adanya kejangalan saat dipenghujung acara. Secara tiba-tiba Pimpinan Ponpes Al-Zaytun mengajak para audience menirukan 'Salam Kristen' yang diajarkannya. Sontak semua orang mengikuti tak terkecuali Lucky Hakim.

Saat itu Lucky Hakim mengaku bingung dan tidak bisa berbuat apa-apa selain mengikuti. Dirinya mengungkapkan bahwa salam tersebut baru diketahui olehnya di Popes Al-Zaytun.

"Di akhir acara itu ada sambutan dari Pak Syekh, Pak Panji (Panji Gumilang). Dan baru tuh yang ramai kemarin ada ini apa, salam yang katanya ala Yahudi. Saya juga kan enggak pernah tahu ada seperti itu. Malah saya baru tahu di situ. Jadi sebagai tamu, saya diminta berdiri, ya berdiri. Saya juga sempat rada bingung sebenarnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: