Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Metro Gelar Rapat Mendadak, Ini yang Dibahas!

Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Metro Gelar Rapat Mendadak, Ini yang Dibahas!

Foto : Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kota Metro melakukan rapat koordinasi penanganan konflik sosial di masyarakat. -(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial (TPKS) Kota Metro menggelar rapat koordinasi penangkatan Konflik Sosial.

Adapun sejumlah permasalahan di masyarakat dibahas dalam rapat koordinasi tersebut. Salah satunya yakni maraknya aksi tawuran di kalangan remaja di Kota Metro.

Kepala Kesbangpol Kota Metro Gelar  Rosita, mengatakan bahwa diperlukan peran Lurah dan Camat dalam dalam menyelesaikan konflik sosial di lingkungannya.

"Dengan begitu diharapkan permasalahan yang terjadi tidak semakin besar dan meluas. Sehingga tercipta situasi yang aman, tentram, dan nyaman," katanya.

Selain melibatkan lurah dan camat, kata Rosita, dalam menyelesaikan  konflik sosial juga diperlukan peran aktif Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Menurutnya, akhir-akhir ini banyak persoalan-persoalan sosial kecil terjadi di lingkungan masyarakat. Contohnya seperti konflik rumah tangga, pencurian yang jika dibiarkan bisa semakin membesar.

BACA JUGA:Tok, Selebgram Ria Exsa Dihukum 5 Bulan Penjara

"Saya minta agar koordinasi tingkat kelurahan antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas dapat terus ditingkatkan," ujarnya.

"Apalagi kita tahu akhir-akhir ini banyak terjadi seperti kenakalan remaja, tawuran, narkotika, radikalisme dan terorisme di masing-masing wilayah," bebernya.

Tak hanya itu, Rosita juga meminta agar permasalahan hukum anak di Kota Metro yang tidak dapat diselesaikan tingkat keluruhan, dapat dilaporkan ke Tim TPKS. 

"Berdasarkan data hasil operasi yang dilakukan, penyalahgunaan narkoba di Kota Metro sudah sangat memprihatinkan. Karena itu harus diwaspadai dan ditangani dengan baik dan sungguh-sungguh," pesannya. 

Ia berharap dengan peran serta masyarakat untuk melaporkan jika mengetahui ada tetangga maupun keluarga yang menggunakan narkotika. Sehingga nantinya dapat dilakukan direhabilitasi.

"Bantuan rehabilitasi untuk pengguna narkotika bisa melalui BNN Kota Metro, RSUD Jendral Ahmad Yani Metro dan Puskesmas," ungkapnya. 

Ia mengemukakan bahwa saat ini Puskesmas Ganjar Agung merupakan salah satu puskesmas yang siap membantu dalam memberikan rehabilitasi kepada pengguna narkotika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: