Jelang Keberangkatan, CJH Metro Divaksin Meningitis dan Covid-19

Jelang Keberangkatan, CJH Metro Divaksin Meningitis dan Covid-19

Foto : Pemkot melalui Dinkes memastikan CJH Metro akan mendapatkan vaksinasi Meningitis dan Covid-19 menjelang keberangkatan.-(Ria Riski AP)-

RADARMETRO - Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro memastikan calon jamaah haji (CJH) mendapatkan vaksinasi Meningitis sebelum keberangkatan. Dimana vaksin tersebut akan diberikan bersamaan dengan vaksinasi Covid-19 bagi jamaah yang belum melakukan vaksinasi

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Kota Metro, Eko Hendro, Selasa (16/5/2023). Ia mengatakan, untuk di Kota Metro vaksinasi Meningitis bagi jamaah telah diberikan bersamaan dengan vaksin Covid-19. Ini dilakukan khusus bagi jamaah yang belum melakukan vaksinasi Covid-19.

"Untuk di Metro vaksinasi sudah selesai. Kita juga lakukan pemeriksaan kesehatan bagi jamaah sebelum keberangkatan," terangnya.

BACA JUGA:OJK Swimming Championship: Kejuaraan Renang se-Lampung Bakal Digelar di Kota Metro

Sementara itu, Kasi Urusan Haji dan Umroh Kemenag Kota Metro, Nuryanah menjelaskan, untuk di Kota Metro sebanyak 304 dari 315 kuota CJH siap diberangkatkan tahun ini. Sebelum diberangkatkan para jamaah jiga telah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan. "Kemudian pemberian vaksinasi baik  Meningitis dan Covid-19," jelasnya.

Menurutnya, sampai saat ini pihaknya tengah menunggu jamaah yang hendak melunasi biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH) pasca perpanjangan waktu oleh pemerintah. Terlebih untuk di Metro terdapat 11 jamaah yang belum melunasi BPIH.

"Ada perpanjangan waktu pelunasan BPIH. Kalau sebelumnya waktu pelunasan sampai dengan 12 Mei, kini perpanjang lagi sampai dengan 19 Mei," terangnya, Selasa (16/5/2023).

BACA JUGA:Malam Ini Final SEA Games 2023 Indonesia vs Thailand

Ia menambahlan, untuk saat ini CJH tengah melaksanakan persiapan pemberangkatan dengan melakukan manasik haji. Untuk pembukaan manasik haji telah dilakukan dan dibuka langsung oleh Walikota Metro. 

Diketahui, pada pemberangkatan haji tahun ini untuk jemaah termuda berusia 22 tahun dan yang tertua berusia 87 tahun. Keduanya dari Kecamatan Metro Pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: