Pengaruh Ketersediaan Sumber Daya Air Minum Terhadap Kesehatan Anak

Pengaruh Ketersediaan Sumber Daya Air Minum Terhadap Kesehatan Anak

Foto: Ilustrasi --

Pada umumnya individu bisa menjadi sehat atau sakit tergantung pada kebiasaan dan tindakannya.

Kebiasaan yang tidak sehat dapat memicu terjadinya penyakit, sedangkan kebiasaan yang sehat dapat membantu mencegah penyakit. Kebiasaan tidak mencuci tangan pakai sabun setelah buang air besar bisa berdampak buruk bagi anak kecil, terutama saat hendak makan.

Menurut Tim PKRS RSST menyatakan bahwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. 

Upaya health promotion dalam five level prevention dapat dilakukan sebagai upaya melakukan pencegahan terhadap kejadian diare.

Upaya tersebut dapat berupa pemberian edukasi terkait pentingnya penggunaan sarana air bersih terlindungi dan bagaimana cara melindungi sarana tersebut dari kontaminasi sehingga dapat mengurangi risiko kontaminasi pada sarana air bersih.

Maka untuk meminimalisir resiko terjadinya kontaminasi tersebut, masyarakat dapat membangun sarana air bersih yang terlindungi sesuai dengan syarat kesehatan dan membersihkan sarana air bersih yang dimiliki secara rutin.

Kemudian bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang memiliki air yang keruh, diupayakan untuk melakukan penyaringan sebelum air tersebut dimasak. Dan, masyarakat di setiap wilayah juga perlu untuk membangun jamban yang sesuai dengan syarat kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: