Dinsos Sebut Angka Kemiskinan di Metro Turun, Ini Langkah yang Dilakukan!

Dinsos Sebut Angka Kemiskinan di Metro Turun, Ini Langkah yang Dilakukan!

Foto : Kepala Disos Kota Metro saat dikonfirmasi radarmetro.disway.id.-(Ria Riski A.P)-

RADARMETRO - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Metro menyebut angka kemiskinan di Kota Metro mengalami penurunan

Di mana berdasarkan data survei Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Metro angka kemiskinan mengalami penurunan sebesar 0,59 persen.

Adapun angka tersebut semula sebesar 7,87 persen di tahun 2022 tahun 2023 turun menjadi 7,28 persen.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Metro, Sri Amanto, Kamis (4/7/2024). Ia mengatakan, bahwa berdasarkan data BPS angka kemiskinan mengalami penurunan di tahun 2023.

"Jadi angka kemiskinan kita ini memang menurun. Kalau secara persentase tahun 2022 angka kemiskinan kita 7,87 persen, kemudian tahun 2023 turun menjadi 7,28 persen," terangnya.

Ia menerangkan, selain angka kemiskinan jumlah fakir miskin di kota setempat juga mengalami penurunan. Jumlah tersebut diketahui berdasarkan data tahun 2022, jumlah fakir miskin di Metro yang mencapai 12.183 orang.

BACA JUGA:Menyedihkan, Bupati Lamteng Musa Ahmad Gugat Cerai Istrinya

"Sedangkan di tahun 2023 lalu jumlah mengalami penurunan menjadi 11.954 orang," katanya.

Diakuinya, untuk saat ini pihaknya tengah berupaya melakukan pemerataan dan memvalidasi data penerima bantuan sosial di kota setempat.

"Tujuannya agar bantuan yang diberikan tepat sasaran. Dengan begitu angka kemiskinan di Kota Metro akan semakin menurun sesuai target yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Menurutnya, Pemkot Metro tahun ini menargetkan angka kemiskinan dapat turun di angka 6,82 persen. Oleh karena itu, beberapa aspek yang menjadi faktor meningkatkan angka kemiskinan terus ditekan. 

"Contohnya seperti kita tingkatkan perhatian kepada para disabilitas dan juga lansia. Untuk lansia akan diberikan pemeriksaan kesehatan, pemenuhan kebutuhan gizi dan juga pakaian," bebernya. 

Sementara itu, lanjutnya, bagi para penyandang disabilitas pihaknya juga memberikan bantuan alat sesuai kebutuhan. Mereka juga diberikan pelatihan keterampilan agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya. 

BACA JUGA:Setahun Cabuli Keponakan, Ayah dan Anak di Metro Ditangkap Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: