AYAM MASIH KERABAT DINOSAURUS, BENARKAH?

AYAM MASIH KERABAT DINOSAURUS, BENARKAH?

Foto: Ilustrasi -(Istimewa)-

RADARMETRO.DISWAY.ID - Menurut catatan sejarah, pada akhir periode Trias 65 juta tahun yang lalu, sebuah asteroid menghantam bumi dan memusnahkan banyak spesies, termasuk hampir semua jenis dinosaurus.

Namun kelompok dinosaurus ini dikabarkan selamat dari bencana tersebut dan berevolusi menjadi burung, terbukti dari fosil burung purba yang ditemukan para ilmuwan.

“Burung adalah dinosaurus yang hidup, sama seperti kita mamalia.” Julia Clarke, ahli paleontologi yang mempelajari evolusi penerbangan dan profesor di Departemen Ilmu Geologi di Universitas Texas di Austin, mengatakan kepada LiveScience.

Pada tahun 2007, para peneliti mengurutkan protein pertama dari Tyrannosaurus Rex, atau T Rex.

Tyrannosaurus sendiri merupakan salah satu Theropoda besar yang paling terkenal. Mereka menemukan bahwa banyak molekul yang sangat mirip dengan molekul ayam.

Fakta ini diungkapkan oleh ahli paleontologi North Carolina State University Mary Schweitzer, yang memimpin tim peneliti yang menganalisis tulang kaki T Rex berusia 68 juta tahun yang ditemukan di Montana pada tahun 2003.


--

John Asara dari BIDMC (Beth Israel Deaconess Medical Center) di Boston yang merupakan salah satu peneliti yang terlibat, mengatakan temuan ini mendukung gagasan bahwa burung berevolusi dari dinosaurus.

Ia menambahkan, meski kini telah ditemukan kecocokan antara protein T Rex dan spesies hewan lainnya, ayam masih menjadi hewan yang paling dekat.

Terdapat 5 alasan mengapa dapat dikatakan ayam masih satu kerabat dekat oleh dinosaurus :

1. Struktur Tulang

Para peneliti melihat perbedaan struktur tulang mamalia modern dan burung.

Struktur tulang mamalia cendrung memiliki tabung-tabung sedangkan pada tulang burung mereka tidak menemukan pola tabung tersebut.

Ketika dilihat beberapa struktur fosil dinosaurus seperti Theropoda pemakan daging mereka memiliki pola yang sama dengan burung modern seperti ayam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: