Perpustakaan Ganjar Asri Gelar Seminar Pelatihan Sastra Lisan Lampung Bagi Siswa SD

Perpustakaan Ganjar Asri Gelar Seminar Pelatihan Sastra Lisan Lampung Bagi Siswa SD

Foto : Perpustakaan Ganjar Asri Gelar Seminar Pelatihan Sastra Lisan Lampung pada Senin 9 September 2024.-(Ria Riski A.P)-

KOTAMETRO, RADARMETRO.DISWAY.ID - Perpustakaan Cahaya Ilmu, Kelurahan Ganjar Asri, Kecamatan Metro Barat menggelar pelatihan sastra lisan Lampung untuk siswa SD Se-Kota Metro.

Di mana narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Jarwo Songha yang juga pegiat sastra lisan Lampung.

Acara yang digelar di Perpustakaan Cahaya Ilmu Kelurahan Ganjar Asri ini diikuti oleh 25 siswa dari berbagai sekolah di Kota Metro.

Pantauan di lapangan, para peserta tampak antusias belajar melantunkan syair-syair Pisaan berbahasa Lampung pada Senin 9 September 2024.

Jarwo Songha mengatakan bahwa banyak sekali sastra lisan Lampung yang harus terus dilestarikan.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS Diperpanjang, 1.300 Pelamar Pilih Daftar ke Kota Metro!


--

Beberapa sastra lisan Lampung tersebut antara lain ringget, wawancan, pepancogh, hahiwang, segata, pantun setimbalan, dadi, kias dan lainnya. 

Menururnya, sastra lisan Lampung ini sudah dipertuturkan sejak zaman dulu. Di mana sastra lisan Lampung yang diajarkan oleh pria yang juga pendongeng ini adalah Pisaan. 

Sastra lisan Lampung ini biasanya dipertuturkan oleh Suku Lampung dari Sungkai Bunga Mayang, Way Kanan, Pubian dan lainnya.

"Sastra lisan ini harus terus dilestarikan, agar kita sebagai orang Lampung mengenal jejak leluhur kita. Saya juga terus mendalami sastra lisan ini," tutur pria yang suka membaca puisi itu.

Zafran, siswa SDIT An Nawawi Metro Timur yang mengikuti pelatihan tersebut mengaku sangat senang bisa belajar sastra lisan Lampung untuk pertama kalinya.

Walaupun dirinya bukan orang asli Lampung, namun narasumber menjelaskan dengan detail setiap kalimat yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

BACA JUGA:Modus Transfer Palsu, 4 Napi Rutan Kotaagung Tipu Pedagang Beras di Pringsewu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: