Tim PkM UM Metro Dukung Pemberdayaan Sekolah

Tim PkM UM Metro Dukung Pemberdayaan Sekolah

Foto: Tim PkM UM Metro Dukung Pemberdayaan Sekolah-(Dwi Rahmawati)-

UM METRO, RADARMETRO.DISWAY.ID -Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Muhammadiyah Metro (UM METRO) berhasil lolos pendanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) tahun 2024 untuk program Pengabdian kepada Masyarakat skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat ruang lingkup Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat.

Tim melakukan kegiatan pemberdayaan sekolah melalui pelatihan dan pendampingan pengembangan bank soal AKM berbasis android kepada seluruh dewan guru SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik Lampung Timur pada Hari Sabtu dan Minggu (10-11/8/2024).

Program PkM ini diketuai Dr. Dwi Rahmawati, M.Pd., Dosen Pendidikan Matematika berkolaborasi dengan Dr. Rahmad Bustanul Anwar, M.Pd., Dosen Pendidikan Matematika, dan Mustika, M.Kom., Dosen Ilmu Komputer.

Kolaborasi bidang ilmu pendidikan matematika dan ilmu komputer ini penting dalam rangka membantu sekolah mewujudkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik.

Pada kegiatan ini, difokuskan pada pengembangan bank soal AKM berbasis android.

Tim Pengabdi sekaligus sebagai narasumber kegiatan. Dr. Dwi Rahmawati, M.Pd., menyampaikan materi pentingnya Penerapan konsep AKM di sekolah, Dr. Rahmad Bustanul Anwar, M.Pd., membahas pengembangan soal AKM, dan selanjutnya Mustika, M.Kom menyampaikan cara membuat bank soal berbasis android dan cara penggunaannya.

BACA JUGA:UM Metro Raih Peringkat 1 LLDIKTI Awards 2024 Kategori Kualitas Lulusan

Selain dosen, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa yang berperan membantu persiapan dan pelaksanaan kegiatan serta ikut aktif pendampingan peserta dalam mengembangkan bank soal berbasis android.

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi sekaligus diskusi interaktif serta tutorial penyusunan dan penggunaan aplikasi bank soal.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan soal AKM berbasis android dan menggunakan dalam pembelajaran di kelas.

Selain itu, juga membantu sekolah menyediakan fasilitas belajar bagi siswa dalam rangka memudahkan akses, meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non-Formal (MPDM-PNF) Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sekampung Udik, Bapak Muhammad Khotib, M.Pd. memberikan apresiasi kegiatan ini.

Beliau memyampaikan kegiatan ini memberikan konstribusi positif memperkaya pengalaman guru dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran.

Hal senada juga disampaikan Yudi Hermanto, S.Pd., Selaku Kepala Sekolah SMP Muhamamdiyah 1 Sekampung Udik bahwa kegiatan ini memberikan penguatan kompetensi guru-guru dalam menerapkan konsep AKM dalam pembelajaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: