Tim PkM UM Metro Tingkatkan Kesadaran Pertanian Organik di KWT Kalibening

Tim PkM UM Metro Tingkatkan Kesadaran Pertanian Organik di KWT Kalibening

Foto: Tim PkM UM Metro Tingkatkan Kesadaran Pertanian Organik di KWT Kalibening-(Baihaqi)-

Hal ini memerlukan strategi khusus agar produk pertanian organik dari KWT Kalibening dapat bersaing di pasar lokal maupun online.

Sementara itu, Nani Septiana, M.M. menambahkan untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan kampanye informasi yang intensif dan pelatihan yang lebih terstruktur bagi anggota KWT.

Dukungan dari pemerintah, termasuk penyuluhan rutin dan bantuan teknis serta finansial, juga sangat penting.

Dengan strategi pemasaran yang lebih efektif dan kemitraan dengan berbagai pihak, produk pertanian organik diharapkan dapat lebih mudah diakses oleh konsumen.

"Kami optimis bahwa dengan edukasi yang berkelanjutan dan dukungan dari berbagai pihak, KWT Kalibening dapat menjadi model bagi kelompok tani lain dalam mengadopsi pertanian organik," kata Nani.

BACA JUGA:UM Metro Raih Peringkat 1 LLDIKTI Awards 2024 Kategori Kualitas Lulusan

Ia juga menilai adanya kesadaran yang meningkat di kalangan anggota KWT Kalibening yang menunjukkan bahwa pertanian organik memiliki potensi besar untuk dikembangkan di wilayah pedesaan, terutama dengan adanya sinergi lintas sektor dalam mendukung kesejahteraan petani dan keberlanjutan lingkungan.

“Kami juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang telah mendanai program pengabdian kami, Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Tahun Anggaran 2024,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: