Satlantas Polres Pringsewu Gelar Pembinaan dan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah di SMPN 3 Gadingrejo

Satlantas Polres Pringsewu Gelar Pembinaan dan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah di SMPN 3 Gadingrejo

Foto: Satlantas Polres Pringsewu Gelar Pembinaan dan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah di SMPN 3 Gadingrejo-(Reza)-

PRINGSEWU,RADARMETRO.DISWAY.ID - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pringsewu mengadakan kegiatan pembinaan dan pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di SMPN 3 Gadingrejo, Pringsewu, Lampung, pada Jumat 4 Oktober 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa dalam menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas di lingkungan sekolah.

Pelatihan yang diikuti oleh puluhan siswa tersebut mencakup berbagai materi, mulai dari gerakan pengaturan arus lalu lintas, tata cara aman bersepeda di jalan, hingga penanganan tempat kejadian kecelakaan.

Para siswa diberikan pemahaman tentang pentingnya peran Patroli Keamanan Sekolah sebagai bagian dari upaya menciptakan keselamatan berlalu lintas, baik bagi diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

BACA JUGA:Kejari Tuba Tetapkan Tersangka Tindak Pidana Korupsi PKBM Raden Intan


--

Kasat Lantas Polres Pringsewu, Iptu David Pulner, yang hadir mewakili Kapolres Pringsewu AKBP M. Yunnus Saputra, menuturkan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat mencetak siswa-siswa yang mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

“Dengan pelatihan ini, kami berharap siswa dapat menjadi agen perubahan yang dapat mengedukasi teman-temannya tentang pentingnya tertib berlalu lintas dan keselamatan di jalan raya,” ujarnya.

Selain itu, Iptu David Pulner juga menekankan bahwa pembinaan PKS ini merupakan upaya preventif dari Satlantas Polres Pringsewu untuk menanamkan budaya disiplin berlalu lintas sejak dini.

“Kami memberikan berbagai materi yang relevan, seperti teknik dasar pengaturan lalu lintas dan prosedur keselamatan saat bersepeda ke sekolah. Dengan begitu, mereka bisa lebih siap menghadapi situasi nyata di lapangan dan menjadi contoh bagi teman-teman sebayanya,” tambahnya.

Para siswa yang tergabung dalam PKS diharapkan dapat membantu pihak sekolah dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar lingkungan sekolah, terutama pada saat jam masuk dan pulang sekolah yang kerap kali menimbulkan keramaian lalu lintas.

BACA JUGA:Bapperinda Gelar Sosialisasi Upaya Penanggulangan Kemiskinan.

Kegiatan ini disambut antusias oleh para siswa, yang terlihat aktif dalam mengikuti setiap materi dan praktek yang diberikan.

Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini, para siswa SMPN 3 Gadingrejo dapat menjalankan tugasnya sebagai anggota PKS dengan baik dan mampu berkontribusi dalam mewujudkan keamanan serta keselamatan lalu lintas di lingkungan sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: