Dosen UM Metro Beri Edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk Mandiri dan Pembuatan Spray Anti Nyamuk Alami

Dosen UM Metro Beri Edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk Mandiri dan Pembuatan Spray Anti Nyamuk Alami

Foto: Edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk di SD Negeri 4 Metro Timur-(Fenny)-

RADARMETRO - Tim dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Metro menyelenggarakan acara Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan yang berjudul “Edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Mandiri dan Pendampingan Pembuatan Spray Anti Nyamuk Alami Dalam Pencegahan DBD” tersebut digelar di SD Negeri 4 Metro Timur pada 13-14 April 2023.

Tim yang terlibat yakni Dosen Pendidikan Matematika Satrio Wicaksono Sudarman, M. Pd sebagai Ketua Pengabdian dan anggota pengabdian Dosen Pendidikan Biologi Suharno Zein, M.Pd. Serta SD Negeri 4 Metro Timur sebagai mitra dan 30 peserta pelatihan.

Dalam edukasi ini, disajikan dua materi. Pertama, Pentingnya Pencegahan dan Pengendalian DBD yang disampaikan langsung oleh ketua pengabdian masyarakat Satrio Wicaksono Sudarman, M.Pd. Kedua, Pembuatan spray anti nyamuk oleh Suharno Zen, M.Pd.

Acara edukasi ini bertujuan untuk memanfaatkan tanaman sereh wangi yang dapat digunakan sebagai spray anti nyamuk dan meningkatkan peran strategis anak usia sekolah sebagai bagian kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian DBD.

BACA JUGA:Bank Mandiri Edukasi Pengelolaan Sampah dan Kampanye Kebersihan di Ajang FIFA Match Day

Ketua pengabdian Satrio Wicaksono Sudarman, M.Pd dalam materinya mengungkapkan Lemahnya pemahaman masyarakat sekitar sekolah terkait pencegahan dan pengendalian DBD.

“Masyarakat sekolah sangat berperan penting dalam pencegahan DBD yaitu bisa menginplementasikan dan juga bisa merubah pola pikirnya terhadap pendidikan dan kesehatan serta terhadap kebersihan,” tuturnya. 

Dan Suharno Zein, M.Pd dalam materinya mengatakan adannya potensi tanaman obat yang belum dipahami dan dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat padahal pembuatannya cukup mudah.

Menurutnya, ada beberapa tanaman obat yang dapat digunakan untuk pengusir nyamuk, diantaranya tanaman serai wangi dan lavender.

Suharno zen, menambahkan serai wangi meghasilkan minyak astiri yang mengandung sitronela, yang mempunyai sifat pengusir nyamuk.

BACA JUGA:Takjub ! Bank Mandiri Sabet Gelar Bank BUMN Nomor 1 versi Forbes

Peserta acara edukasi cukup bersemangat mengikuti kegiatan tersebut karena Satrio sebagai ketua pengabdian juga mengatakan, setelah acara edukasi, pengabdi akan melakukan pendampingan kepada siswa untuk melakukan pembenihan tanaman obat sereh wangi dan lavender sebagai upaya pencegahan DBD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: