Dosen UM Metro Beri Pelatihan Ternak Lele Praktis bagi Kelompok Tani Hijau Daun

Dosen UM Metro Beri Pelatihan Ternak Lele Praktis bagi Kelompok Tani Hijau Daun

Foto: Dosen Pendidikan Biologi UM Metro Beserta Mahasiswa dan Kelompok Tani Hijau Daun-(Fenny)-

RADARMETRO - Dosen Universitas Muhammadiyah (UM) Metro beri pelatihan ternak lele praktis sebagai pemenuhan kebutuhan protein hewani pada kelompok Tani Hijau Daun Kelurahan Karangrejo, Kota Metro, Sabtu (4/3/2023).

Mereka adalah dosen Pendidikan Biologi UM Metro yang diketuai oleh Dra. HRA. Mulyani, M.TA dengan anggota Suharno Zen, M.Sc, Widya Sartika Sulisttiani, M.Sc, Dr. Dasrieny Pratiwi, M.Pd beserta mahasiswa.

Peserta/mitra yang hadir dalam kegiatan ini ialah kelompok tani Hijau Daun Karangrejo sebanyak 8 orang yang diketuai oleh Sarjono.

HRA. Mulyani menjelaskan kepada mitra bahwa budidaya ikan lele yang praktis (telepati) dengan media ember merupakan metode praktis, hemat air, tidak perlu lahan/kolam yang besar.

“Ternak/budidaya ikan dalam wadah ember menjadi solusi potensial bagi budidaya perikanan dan pertanian di lahan yang sempit dengan penggunaan air yang lebih hemat, mudah dilakukan oleh masyarakat di rumah masing-masing dengan modal yang relatif kecil, serta akhirnya mampu mencukupi kebutuhan gizi masyarakat.

Keterbatasan lahan membuat masyarakat lebih memilih membeli dari pada beternak dan menanam sendiri di rumah,” terangnya.

BACA JUGA:Dosen UM Metro Beri Edukasi Pemberantasan Sarang Nyamuk Mandiri dan Pembuatan Spray Anti Nyamuk Alami

Menurutnya dengan teknik ternak ikan lele praktis seharusnya masyarakat bisa memanfaatkan lahan pekarangan yang minim tersebut untuk beternak ikan dan bercocok tanam sayuran.

“Teknik ini menjadi solusi terhadap keterbatasan lahan akhir-akhir ini dan bisa juga dijadikan sebagai wadah untuk berwirausaha sendiri.

Pangan menjadi kebutuhan pokok cukup banyak memberikan peluang usaha/wirausaha.

Seiring tumbuhnya kesadaran masyarakat pada sumber pangan bergizi tinggi, maka hal ini perlu diimbangi dengan ketersediaan bahan pangan bergizi yang cukup,” tambahnya.

Sarjono selaku ketua kelompok tani Hijau Daun Karangrejo bersyukur karena kegiatan ini belum pernah dilakukan sebelumnya dan mendapatkan keuntungan bagi keluarga karena dapat panen sayuran dan ikan sekaligus dalam waktu yang singkat.

Mitra terlihat antusias dengan penyampaian mengenai ternak lele sederhana terlihat dari beberapa pertanyaan yang diajukan.

Beberapa pertanyaan yang diajukan adalah tentang cara memberikan nutrisi pada tanaman, kebutuhan air dalam satu wadah, serta cara perawatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: