Ratusan Jama'ah Haji Asal Metro Terlantar dan Kelaparan di Mina

Ratusan Jama'ah Haji Asal Metro Terlantar dan Kelaparan di Mina

Foto : Kondisi ratusan Jamaah yang menantikan kiriman makanan saat berada di dalam tenda peristirahatan di Mina, Arab Saudi.-(Istimewa)-

RADARMETRO - Ketua regu 2 dari rombongan 1 JKG 36, Yulianto Putra menyampaikan keadaan jama'ah haji asal Kota Metro sangat memperihatinkan, Rabu (28/6/2023). Ratusan jama'ah terlantar hingga belum diberikan makan pagi dan siang.

"Kami dari tadi pagi tidak mendapatkan sarapan, tidak mendapatkan makan siang, air minum menipis dan lansia banyak yang sakit," ujar Yulianto.

Informasi keadaan jama'ah haji asal Kota Metro didapatkan oleh radarmetro.disway.id sekira pukul 20.30 WIB, sedangkan di Mina, Arab Saudi, masih siang hari.

Yulianto menceritakan selama ini jamaah hanya mengkonsumsi mie instan. Bahkan beberapa jama'ah lebih memilih untuk menahan lapar di tengah-tengah proses ibadah Haji.

"Kami hanya dikasih makan mie, bahkan ada yang tidak dapat sehingga kami di sini terlantar," ungkapnya.

Yulianto berharap pemerintah Kota Metro maupun Kemanag RI dapat melihat kondisi sebenarnya. Ia juga sangat mengharapkan bantuan agar jama'ah yang dipimpinnya dapat menunaikan ibadah Haji dengan lancar.

BACA JUGA:Rayakan Idul Adha 1444 H, UM Metro Kurban 8 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing

"Mohon dibantu bagi pemerintah Kota Metro untuk menyampaikannya ke pemerintah pusat, JKG 36. Itu saja informasinya dari Mina, tolong dibantu," tandasnya.

Senada dengan Yulianto, salah seorang jama'ah asal Kota Metro mengatakan saat ini para jamaah dalam kondisi kurang fit. Sementara untuk kegiatan esok hari akan dilangsungkannya lempar Jumroh.

"Kondisi kelelahan lapar padahal besok masih harus lepar jumroh lagi, kurang lebih 6 kilometer," bebernya.

Ia turut menjelaskan kondisi dalam tenda tempatnya beristirahat. Di dalam tenda hanya terdapat 120 kasur dengan 207 jamaah.

"Meskipun bersempit-sempit jamaah tetap sabar dan semuanya siap untuk melaksanakan lempar jumroh besok dan lusa," sambungnya.

Selain itu, sebanyak 30 persen jama'ah haji asal Metro terdiri dari lansia. Saat ini kondisi fisik mereka juga mengalami penurunan bahkan banyak yang mengalami sakit-sakitan.

"Semua asal Metro dan ada beberapa tambahan dari Bandar Lampung. Setelah kondisi kelelahan setelah semalaman, dan hari ini kita belum mendapatkan makan siang. Kondisi jamaah sudah mulai sakit karena 30 persen dari jama'ah merupakan lansia," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: